Dua Kontraktor Migas Siap Pasok Minyak untuk Kilang Pertamina

Safrezi Fitra
28 Oktober 2015, 14:58
Kilang Minyak
KATADATA
Kilang Minyak

KATADATA - PT Pertamina (Persero) berencana mengurangi impor bahan bakar minyak (BBM) untuk kebutuhan dalam negeri, dengan mengoptimalkan kapasitas kilang yang ada. Masalahnya, untuk merealisasikan rencana ini, Pertamina membutuhkan pasokan minyak mentah sebagai bahan baku kilang.

Direktur Pengolahan Pertamina Rahmat Hardadi mengatakan hingga saat ini Pertamina baru bisa memasok 60 persen kebutuhan kilang tersebut. Adapun kebutuhan untuk kilang minyak yang ada di Indonesia saat ini sekitar 800.000 barel per hari. Selama ini Pertamina harus mengimpor sisa kebutuhan minyak tersebut.

(Baca: Pertamina Kekurangan Kondensat untuk Produksi Kilang TPPI)

Agar impornya bisa berkurang, saat ini Pertamina sudah melakukan pendekatan dengan tujuh kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) migas mengenai pasokan kilang ini. Harapannya KKKS mau mengurangi ekspor dan menjual minyaknya kepada Pertamina.

"Sekitar tujuh KKKS yang dilobi, dua sudah konfirmasi," katanya beberapa waktu lalu. Dua KKKS tersebut akan mulai memasok minyak ke kilang Pertamina pada akhir tahun ini, sebanyak 120.000 barel per hari.

Hardadi mengaku belum bisa menyebutkan siapa saja KKKS yang diajak bekerjasama dan siapa saja yang sudah menyatakan bersedia. Dia berharap lima KKKS lainnya mau menjual sebagian minyaknya kepada Pertamina.

(Baca: Pemerintah Godok Aturan Pembatasan Ekspor Minyak Bumi)

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...