Pertamina akan Percepat Impor Gas dari Amerika

Safrezi Fitra
26 Oktober 2015, 18:49
Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto
Arief Kamaludin|KATADATA
Direktur Utama Pertamina, Dwi Sucipto

KATADATA - PT Pertamina (Persero) mengaku telah menandatangani kerjasama dengan Cheniere Energy Inc. Melalui kerjasama ini, Pertamina akan mengimpor minyak mentah dan gas alam cair (LNG) dari perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

"Itu yang di Amerika Serikat berkaitan dengan jangka panjang Indonesia akan impor LNG. Kami akan kontrak dengan mereka ke Indonesia untuk suplai LNG," kata Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (26/10).

Advertisement

Dwi masih enggan menyebutkan berapa volume LNG yang akan diimpor dari perusahaan tersebut. Sumber Katadata di Pertamina mengatakan nilai investasi dari kerjasama perjanjian jual beli ini mencapai US$ 13 miliar.

Penandatanganan kerjasama ini baru saja dilakukan oleh Pertamina dan Cheniere. Cheniere akan mulai memasok LNG pada sekitar 2017 atau 2018 dengan jangka waktu kontrak hingga 10 tahun. Perjanjian jual beli gas ini mempercepat kesepakatan yang telah dilakukan kedua perusahaan sebelumnya.

(Baca: Pertamina Tambah Volume Impor Gas Dari Cheniere 760.000 ton)

Kerjasama dengan Cheniere memang pernah dilakukan Pertamina, untuk memasok LNG pada 2019. Saat itu Pertamina memprediksi akan terjadi defisit pasokan gas untuk kebutuhan dalam negeri sebesar 2 juta ton pada 2019.

Defisit ini terjadi dengan mengacu pada pertumbuhan konsumsi gas dalam negeri sebesar 4,8 persen per tahun sepanjang 2015 hingga 2025. Sementara infrastruktur penunjang agar kebutuhan gas ini bisa terpenuhi dari dalam negeri masih minim. Makanya perlu impor untuk mencukupi kebutuhan tersebut.

Pada 4 Desember 2013, Pertamina menandatangani perjanjian jual beli gas dengan Cheniere sebesar 760.000 ton. Pada 1 Juli 2014, Pertamina kembali menandatangani perjanjian jual beli kedua, dengan Corpus Christi Liquefaction, LLC., yang merupakan anak perusahaan dari Cheniere Energy.  

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia, Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement