Ephindo Incar Blok Migas Nonkonvensional yang Akan Dilelang

Safrezi Fitra
23 Oktober 2015, 11:48
Sammy Hamzah
Agung Samosir|KATADATA

KATADATA - PT Energi Pasir Hitam Indonesia (Ephindo) mengaku sedang mengincar blok migas nonkonvensional yang akan dilelang pemerintah. Selama ini perusahaan tersebut memang fokus berbinis migas nonkonvensional, yakni gas metana batu bara (coal bed methane / CBM).

Presiden Direktur Ephindo Sammy Hamzah belum mau memberitahukan blok mana yang akan dia incar dari lelang yang akan dilakukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Saat ini pihaknya masih menunggu kejelasan seperti apa regulasi baru untuk usaha migas non-konvensional yang akan dikeluarkan pemerintah.

Tahun ini rencananya pemerintah akan melelang tiga blok migas non-konvensional melalui penawaran langsung. Ketiga blok migas tersebut adalah Blok Blora Deep (onshore Jawa Tengah dan Jawa Timur), Blok Central Bangkanai (onshore Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur), dan Blok Batu Ampar (onshore Kalimantan Timur). 

"Ada blok yang kami incar. Tapi kami liat dulu segala sesuatunya akan tergantung regulasi," kata dia di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis malam (22/10). 

(Baca: Perpanjangan Kontrak Blok Migas Non-Konvensional Akan Dibatasi)

Tidak hanya Ephindo, kata Sammy, investor migas non-konvensional lainnya pun masih menunggu aturan baru yang dijanjikan pemerintah. Saat ini usaha migas non-konvensional di Indonesia dianggap tidak menarik, karena aturannya disamakan dengan migas konvensional. Padahal karakteristik dan risiko bisnisnya berbeda.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...