ESDM Mengakui Program Konversi BBM ke Gas Berjalan Lambat

Safrezi Fitra
19 Oktober 2015, 17:58
SPBG
Katadata | Arief Kamaludin

KATADATA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mulai menyoroti kinerja sektor energi pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Salah satu yang disoroti adalah program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG).

Anggota Komisi VII DPR RI Ramson Siagian menganggap program konversi BBM ke BBG tidak berjalan. Padahal program tersebut merupakan salah satu dari 100 program yang dijanjikan Joko Widodo ketika kampanye. "Dari 100 program Jokowi, salah satunya adalah konversi BBM ke gas. Tapi sampai hari ini nol," kata dia di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/10).

Dalam kampanyenya, Jokowi menjanjikan adanya transformasi sektor transportasi dari yang berbasis BBM ke BBG. BBM dianggap lebih mahal dan ketergantungan impornya besar, sedangkan BBG lebih murah dan bisa dicukupi dari dalam negeri. Komitmen ini disebutkan dalam dokumen “Jalan Perubahan untuk Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian.”  Dokumen yang diterbitkan pada Mei 2014 ini memuat visi, misi dan program Jokowi, saat mencalonkan sebagai Presiden tahun lalu.

Menteri ESDM Sudirman Said membantah jika program konversi BBM ke BBG tidak berjalan. Dia mengatakan program ini sedang berjalan, hanya pelaksanaannya saja yang lambat. Saat ini pemerintah  sedang menyiapkan lahan untuk pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG). Mesin-mesin untuk menunjang fasilitas ini pun sudah dibelanjakan. 

"Kalau dikatakan terlambat memang terlambat. Karena semua proyek yang melibatkan lahan memang telat. Karena sulit cari lahan," ujar dia.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmaja juga mengakui salah satu program konversi BBM ke BBG yang tidak berjalan, yakni pembagian konverter kit untuk nelayan. Ini karena dasar hukum untuk program ini belum ada. "Selama ini belum berjalan, karena tahun lalu enggak jadi, dan tahun ini revisi Peraturan Presiden-nya belum selesai," ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...