ESDM Targetkan Kajian PoD I Blok Masela Selesai Dalam 2 Bulan

Safrezi Fitra
8 Oktober 2015, 18:47
Pengeboran minyak lepas pantai.
KATADATA

KATADATA - Keputusan mengenai persetujuan rencana pengembangan (Plan of Development / PoD) Blok Masela dipastikan mundur hingga Desember tahun ini. Awalnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said akan memutuskan persetujuan ini pada 10 Oktober 2015.

Sudirman mengatakan mundurnya jadwal keputusan persetujuan proyek Blok Masela ini, karena pihaknya masih harus mengkaji lagi proposal revisi PoD I dari Inpex sebagai operarator. Ini sesuai dengan permintaan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli untuk mengkaji ulang rekomendasi PoD I Blok Masela dari Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

(Baca: Sudirman Said Lebih Percaya Hitungan SKK Migas soal Blok Masela)

Sudirman SaidUntuk melakukan kajian tersebut, Kementerian ESDM akan menggunakan konsultan independen. "(Hasil kajiannya) saya beri waktu dua bulan paling lambat. Jadi sebelum akhir tahun sudah diputuskan," kata Sudirman di Gedung Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Jakarta, Kamis (8/10).

Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi mengatakan saat ini sedang menyiapkan kriteria dan persyaratan mengenai siapa yang akan menjadi konsultan untuk mengkaji rencana pengembangan Blok Masela. Hasil kajian dari konsultan tersebut akan menjadi bahan pertimbangan Menteri ESDM untuk membuat keputusan. 

SKK Migas kata dia sebenarnya sudah memberikan rekomendasi kepada Menteri ESDM untuk memakai skema fasilitas pengolahan gas terapung (FLNG) dengan kapasitas 7,5 juta ton per tahun (MTPA). Namun, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli berpendapat skema darat (onshore) lebih murah dan bisa menghidupkan perekonomian daerah.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...