Produksi Gas Pertamina Bertambah 21 Persen Tahun ini

Safrezi Fitra
7 Oktober 2015, 19:15
Rig Pertamina
Bernard Chaniago | KATADATA
Rig Pertamina KATADATA | Bernard Chaniago

KATADATA - Produksi gas bumi PT Pertamina (Persero) akan bertambah sekitar 21 persen tahun ini. Penambahan ini seiring dengan pengambilalihan dua blok migas milik PT ExxonMobil Oil Indonesia di Nangroe Aceh Darusalam.

Gunung Sardjono Hadi, Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi mengatakan pengalihan Blok B dan  Blok NSO (North Sumatera Offshore) tersebut secara resmi mulai berlaku pada 1 Oktober 2015. Namun, penambahan produksinya terhitung sejak awal tahun.

"Tambahannya  dihitung per 1 Januari 2015 sampai Desember 2015," kata dia di Djakarta Theater, Jakarta, Rabu (7/10). (Baca: Langkah Tergesa-gesa Pertamina Mencaplok Aset Migas di Aceh)

Dua blok migas ini akan menyumbang produksi gas tahun ini sebesar 100 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) dan produksi kondensat sebesar 1.300-1500 barel per hari. Dengan tambahan ini, total produksi gas Pertamina hingga akhir tahun dapat mencapai 570-580 MMSCFD. Sedangkan produksi kondensat dapat mencapai 65.000 barel per hari.

Gunung menilai kedua blok migas yang diambil dari ExxonMobil ini masih memiliki potensi untuk dikembangkan.

Selain itu kedua blok tersebut bisa disinkronkan dengan fasilitas regasifikasi gas dari PT Arun Natural Gas Liquefaction. ExxonMobil tidak hanya melepas aset dua blok migas di Aceh. Perusahaan migas multinasional asal Amerika Serikat ini juga menjual asetnya di  Arun Natural Gas Liquefaction kepada Pertamina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...