Hampir Semua Tuntutan Pemprov Kaltim Dipenuhi Pemerintah

Safrezi Fitra
7 Oktober 2015, 11:05
Awang Faroek AK
Katadata | Arief Kamaludin

KATADATA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) dipastikan mendapatkan saham partisipasi (participating interest/PI) pengelolaan Blok Mahakam sebesar 10 persen. Penyerahan PI  diberikan secara langsung oleh Direktur Jenderal Minyak Dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja kepada Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak.

Awang mengatakan mendapatkan saham dalam pengelolaan blok migas merupakan keinginan yang diidam-idamkan masyarakat Kalimantan Timur sejak lama. Dia pun mengajak daerah penghasil migas lainnya untuk menuntut jatah saham blok migas, yang sudah dijanjikan pemerintah pusat.

“Kaltim hanya dapat 10 persen dan tidak boleh kerjasama dengan swasta,” kata Awang saat penyerahan PI tersebut di Balik Papan, Kalimantan Timur, Selasa (6/10). (Baca: Dibayari Pertamina, Kaltim Batal Gandeng Swasta di Blok Mahakam)

Dia mengakui bahwa PI yang didapat di Blok Mahakam sebesar 10 persen, lebih rendah dari tuntutan Pemprov Kaltim yakni 19 persen. Namun, Pemprov Kaltim masih bisa menerimanya, dengan alasan keterbatasan dana yang diperlukan untuk mengambil saham tersebut.

“Jika meminta 30 persen, harus melalui perhitungan yang matang, mampu tidak? Sedangkan 10 persen aja mengah-mengah, apalagi sampai 30 persen,” ujar Awang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...