Enam Negara Kirim Surat Minat Pembangunan Kilang

Safrezi Fitra
15 September 2015, 15:55
Katadata
KATADATA | www.skkmigas.go.id

KATADATA – Pemerintah menyatakan sudah ada enam negara yang berminat membangun kilang dan fasilitas penyimpanan (storage) minyak di Indonesia. Dari enam negara tersebut, beberapa di antaranya pernah melakukan studi pembangunan kilang namun belakangan membatalkan rencana investasi tersebut.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan enam negara tersebut telah mengirimkan surat kepada pemerintah. Dalam surat tersebut keenam negara ini menyatakan minatnya dan meminta pemerintah agar bisa memfasilitasi pembangunan kilang tersebut.

"Selain Saudi Aramco, sejumlah negara maupun perusahaan telah menyurati Pemerintah Indonesia dan menyatakan minatnya untuk membangun kilang dan storage, antara lain Kanada, China melalui Sinopec, Irak dan Kuwait, serta perusahaan asal Korea Selatan," kata Wiratmaja dalam keterangannya di situs kementerian ESDM, Selasa (15/9).

(Baca: Pemerintah Siapkan Lahan untuk Bangun 4 Kilang Minyak Baru)

Pekan lalu, Presiden Joko Widodo mengunjungi Arab Saudi untuk menindaklajuti rencana investor negara tersebut, Saudi Aramco. Dalam pertemuan tersebut Menteri Keuangan Arab Saudi berkomitmen investasi kilang di Indonesia senilai US$ 10 miliar atau sekitar Rp 140 triliun.

Wiratmaja mengatakan Saudi Aramco berminat membangun kilang serta distribusinya. Pemerintah akan segera mendiskusikannya lebih lanjut, termasuk juga kemungkinan bekerja sama dengan PT Pertamina. Dengan permodalan Saudi Aramco yang besar, diharapkan juga dapat membantu Indonesia memperkuat infrastruktur di daerah-daerahfrontier demi ketahanan energi nasional.

Halaman:
Reporter: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...