Kilang TPPI Berproduksi Kembali Bulan Depan

Safrezi Fitra
14 September 2015, 12:12
Katadata
KATADATA
Kilang TPPI

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) menyatakan kilang milik PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) akan kembali beroperasi bulan depan. Kilang ini sudah berhenti beroperasi sejak 20 Mei 2014, karena Pertamina tidak memperpanjang kerjasama pengolahannya.

Saat ini Pertamina sebagai pemegang saham TPPI sedang melakukan tahapan persiapan pengoperasian kembali kilang tersebut. Targetnya, akhir bulan ini kilang TPPI akan mulai dihidupkan kembali, sehingga bulan depan bisa mulai berproduksi.

Advertisement

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan pengoperasian kilang ini akan dimulai dengan kapasitas produksi awal pada level 20.000 barel per hari. Kapasitas produksi nantinya akan ditingkatkan menjadi sekitar 50.000 - 55.000 barel per hari.

Kilang TPPI memiliki kapasitas 100.000 barel per hari untuk memproduksi bahan bakar minyak (BBM) dan aromatik. Produk BBM yang dihasilkan adalah light naphtha, kerosenes, gas oil, fuel oil, mogas, dan liquefied petroleum gas (LPG). Sementara untuk produk aromatik diantaranya paraxylene, orthoxylene, benzene, toluene, dan mixedxylene.

Sesuai keinginan pemerintah, nantinya kilang TPPI akan diarahkan menjadi gasoline mode untuk memproduksi BBM. BBM yang dihasilkan secara khusus untuk jenis produk yang impornya masih tinggi. "Dengan demikian, produksi BBM, utamanya gasoline dari kilang TPPI akan mendukung pasokan BBM nasional dan mengurangi impor secara signifikan," kata dia berdasarkan keterangan persnya, Minggu (13/9).

(Baca: Pertamina Siap Ambil Alih TPPI)

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement