Pertamina: Tak Masalah Jika Total Menolak Tukar Aset

Safrezi Fitra
10 September 2015, 12:06
Pertamina
Donang Wahyu|KATADATA

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) mengaku tidak keberatan jika Total E&P Indonesie menolak melakukan tukar aset terkait Blok Mahakam. Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan masih banyak blok migas lain yang menjadi incaran Pertamina di luar negeri.

"Tidak ada masalah bagi Pertamina. Masih banyak aset di luar negeri yang dapat kami evaluasi untuk memenuhi kebutuhan (migas) domestik Indonesia," kata dia kepada Katadata, beberapa waktu lalu.

Advertisement

(Baca: Kelola Blok Mahakam, Pertamina Mungkin Tak Dapat Aset Total)

Dia menolak memberitahukan nama blok migas di luar negeri yang sedang diincar oleh Pertamina. Alasannya ini bisa dianggap melanggar etika bisnis. Syamsu hanya menyebut di mana Blok tersebut berada seperti blok di Afrika,  Amerika Utara, Timur Tengah dan juga Asia Tenggara. Dia berjanji akan mengumumkan ke publik, jika Pertamina sudah mendapat kesepakatan bisnis untuk mengelola blok migas di luar negeri.

Awalnya pemerintah telah memutuskan memberikan pengelolaan Blok Mahakam 100 persen kepada Pertamina. Pertamina pun telah menyatakan siap untuk mengelola blok tersebut sendirian. Belakangan pemerintah memutuskan untuk membagi saham pengelolaan Blok Mahakam kepada Total dan Inpex Corporation sebesar 30 persen. Harapannya Total dan Inpex juga bisa membagi blok migas yang dimiliki di luar negeri.

(Baca: Perpanjang Kontrak Blok Migas, KKKS Bisa Tukar Aset dengan Pertamina)

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement