11 Investor Italia Beminat Investasi Rp 11 Triliun

Para investor tersebut berencana menjadikan Indonesia sebagai basis produksi
Safrezi Fitra
8 September 2015, 11:56
Katadata
KATADATA
Kepala BKPM Franky Sibarani

KATADATA ? Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengatakan 11 investor asal Italia berminat menanamkan modalnya di Indonesia. Minat ini terungkap saat pertemuan One-on-One Meeting 11 investor tersebut bersama Kepala BKPM Franky Sibarani di Milan, Italia, kemarin (7/9).

Franky mengidentifikasi nilai investasi dari 11 investor tersebut bisa mencapai US$ 789,5 juta atau sekitar Rp 11 triliun. Minat tersebut berasal dari sektor telekomunikasi US$ 4,5 juta, industri otobus US$ 90 juta, dan konstruksi senilai US$ 280 juta. Ada juga di sektor perkapalan US$ 10 juta untuk pembuatan 1.000 kapal pertama, sektor kelistrikan sebesar US$ 380 juta dan industri turbin untuk pembangkit sebesar US$ 25 juta.

(Baca: Investor yang Berminat Proyek Listrik 35 GW Membeludak)

Beberapa investor berminat membangun kawasan industri perikanan terpadu. Investor ini sudah menjajaki kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan untuk membangun kawasan ini. Namun, investor tersebut tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai perkembangannya saat ini. Investor lainnya juga tertarik mengembangkan kawasan pariwisata di daerah-daerah terpencil, termasuk di Papua.

Advertisement

?Minat tersebut dapat dikategorikan serius untuk segera dapat ditindaklanjuti dengan pengajuan izin prinsip ke BKPM. Rata-rata perusahaan tersebut sudah bertemu dengan mitra lokalnya (di dalam negeri) atau sudah menentukan lokasinya,? ujar Franky dalam keterangan resminya, Selasa (8/9).

Menurut dia, sebagian produk dari perusahaan Italia ini sudah banyak dijual di Indonesia. Saat ini para investor tersebut berencana menjadikan Indonesia sebagai basis produksi. Hal ini sangat baik bagi perekonomian nasional, salah satunya bisa mengurangi impor. (Baca: Targetkan Investasi 2016 Naik 14 Persen, BKPM Fokus Investasi Sektor Sekunder)

Investor tersebut juga berkomitmen melakukan transfer teknologi dan pengetahuan kepada mitra lokalnya dari Indonesia. Investor di sektor telekomunikasi, sedang menjajaki kerjasama dengan Universitas-universitas di Indonesia dan melatih 1.000 tenaga kerja lokal yang kemungkinan terserap dalam proyek investasi tersebut.

Pertemuan one-on-one meeting BKPM dengan investor Italia merupakan rangkaian kegiatan pemasaran investasi yang diselenggarakan BKPM di Milan, Italia. BKPM bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Roma dan Lembaga Perdagangan dan Investasi Italia, Italian Trade Agency (ITA), menyelenggarakan forum bisnis bertajuk ?Indonesia Investment Day?. Pada kesempatan tersebut, Franky dan Presiden ITA Riccardo Maria Monti, juga menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk kerjasama promosi investasi dan pertukaran data.

(Baca: BKPM: Indonesia Mendominasi Arus Investasi Asing di ASEAN)

 

Reporter: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait