Harga Minyak Turun, PLN Kesulitan Menyerap Gas Domestik

Safrezi Fitra
11 Agustus 2015, 14:12
PLN
Arief Kamaludin|KATADATA

KATADATA ? PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengaku kesulitan menyerap produksi gas dalam negeri. Harga minyak yang rendah menjadi salah satu alasan perusahaan pelat merah ini mengurangi penggunaan gas pada pembangkit listriknya.   

Direktur Perusahaan Listrik Negara (PLN) Amin Subekti mengatakan salah satu kendala yang menyebabkan PLN sulit menyerap gas adalah masalah harga. Dengan harga minyak yang sedang rendah, pembangkit listrik yang menggunakan gas akan menjadi tidak efisien. Makanya, jika ingin tetap menggunakan gas, PLN hanya mau membeli gas dengan harga yang lebih rendah.

Menurut dia, PLN dituntut harus bisa melakukan efisiensi di tengah perekonomian Indonesia yang sedang melambat. Apalagi sepanjang enam bulan pertama tahun ini, PLN masih menderita rugi bersih hingga Rp 10,5 triliun. 

"Masalahnya cuma satu yaitu harga. Ketika bicara efisiensi, sudah pasti kami utamakan dulu operasi pembangkit yang basis fuel-nya (bahan bakar) lebih efisien, kalau kurang baru naik ke yang fuel cost-nya (biaya bahan bakar) lebih mahal sedikit," kata dia kepada Katadata, Selasa (10/8).

(Baca: 20 Kargo Gas Jatah Dalam Negeri Belum Terserap)

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...