Konsumen Premium dan Pertamax Beralih ke Pertalite

Safrezi Fitra
4 Agustus 2015, 11:50
Katadata
KATADATA

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) menyebut konsumen bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax dan Premium mulai beralih ke Pertalite. Ini terlihat dari data penjualan BBM Pertamina sejak diluncurkannya Pertalite pada 24 Juli 2015.

VP Retail Fuel Marketing Pertamina Afandi mengatakan sebelum ada Pertalite komposisi penjualan BBM 79 persen Premium dan 21 persen Pertamax. Namun sejak Pertalite diluncurkan, persentase penjualan Premium hanya 68 persen dan Pertamax 19,5 persen, sedangkan Pertalite 12,5 persen.

Advertisement

"Jadi selama 10 hari ini yang banyak pindah dari Premium (ke Pertalite)," kata dia kepada Katadata, Selasa (4/8).

Dia menyebut volume penjualan rata-rata Pertalite sekitar 345 kiloliter per hari. Perhitungannya Pertalite sudah didistribusikan di 115 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Volume penjualan setiap SPBU tersebut rata-rata 3 kiloliter per hari.

Meski penjualan Pertalite sudah bisa mengambil pasar Premium dan Pertamax, volume penjualan Pertalite hingga saat ini masih kecil. Untuk tahap awal, sebenarnya Pertamina menjatahkan Pertalite untuk masing-masing SPBU sebanyak 5 kiloliter per hari. Namun, rata-rata penjualannya di setiap SPBU ternyata hanya 3 kiloliter per hari.

"Penjualan Premium dan Pertamax relatif stabil. Hal ini krn aktifitas di Jabotabek belum pulih total setelah lebaran," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement