Satu Hari Pertama, Dana Sawit Sudah Terkumpul Rp 21 Miliar

Safrezi Fitra
22 Juli 2015, 12:14
Rupiah
Arief Kamaludin|KATADATA

KATADATA ? Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP Sawit) berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 21 miliar. Dana itu terkumpul hanya dalam satu hari, saat hari pertama pemberlakuan pengumpulan dana sawit (CPO Fund) pada 16 Juli 2015.

"Terbukti sudah berhasil, satu hari pertama bisa Rp 21 Miliar. Jadi sistemnya bisa jalan," kata Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana di Jakarta, Rabu (22/7).

Dadan yang juga menjabat sebagai Direktur di badan layanan umum (BLU) tersebut, menargetkan bisa mengumpulkan CPO Fund sebanyak Rp 4 triliun - Rp 5 triliun tahun ini. Prediksinya dana sawit yang terkumpul setiap bulan bisa mencapai Rp 1 triliun. Namun, besaran dana sawit yang terkumpul ini masih tergantung pada harga bahan bakar minyak (BBM) dan harga sawit.

Dalam peraturan menteri keuangan nomor 114/PMK.05/2015, tarif layanan BPDP Sawit diberlakukan kepada tiga pelaku usaha kelapa sawit, mulai dari pengusa perkebunan, pengolahan, hingga eksportir. Tarif CPO Fund tersebut ditetapkan sekitar US$ 10 - US$ 50 per ton, untuk 24 produk turunan kelapa sawit.

Menurut Dadan, saat ini seluruh CPO Fund dimasukkan dalam Rekening BPDP Sawit pada tiga bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ketiga bank tersebut adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Akan ada satu bank swasta juga yang akan menampung dana tersebut, yakni PT Bank Central Asia Tbk. (BCA). (Baca: Empat Bank Besar Bakal Kelola Dana BLU Sawit)

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...