Faisal Basri Minta Seluruh Manajemen Petral Diganti

Safrezi Fitra
31 Desember 2014, 10:46
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi merekomendasikan agar manajemen PT Pertamina Energy Trading Ltd (Petral) dan Integrated Supply Chain (ISC) diganti seluruhnya. Penggantian Pimpinan ini harus dilakukan dari tingkat direksi hingga manajer dari tingkat pimpinan tertinggi sampai manajer.

Ketua Tim Reformasi Faisal Basri mengatakan rekomendasi ini berdasarkan pada temuan yang telah dilakukan oleh timnya selama ini. "Ganti secepatnya manajemen Petral dan ISC," katanya di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jakarta, Selasa (30/12).

Advertisement

Salah satu temuan tim kata Faisal Basri adalah adanya kebocoran informasi mengenai spesifikasi produk yang akan dipesan melalui Petral, kepada para pedagang minyak (trader). Padahal proses tender belum berlangsung.

Menurut Faisal, Petral mengklaim pengadaan minyak sudah semakin banyak melalui perusahaan-perusahaan migas negara lain (national oil company/NOC). Bahkan Faisal mengutip keterangan dari Petral, sekarang pengadaan minyak sudah sepenuhnya dari NOC.

Kenyataan yang didapat Tim Reformasi, bahwa tidak semua NOC memiliki ladang minyak atau merupakan produsen minyak.  Misalnya Maldives NOC Ltd yang tercatat sebagai mitra usaha Petral. Temuan Tim, Maldives NOC ternyata digunakan sebagai kedok untuk memenuhi ketentuan pengadaan minyak oleh Petral. Padahal Maldives NOC Ltd bukan merupakan produsen minyak atau memiliki ladang minyak. 

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement