Kinerja Industri Manufaktur Melambat

Safrezi Fitra
22 Desember 2014, 18:40
Katadata
KATADATA
Kementerian Perindustrian memproyeksikan pertumbuhan industri tahun depan 6,1 persen

KATADATA ? Kinerja industri pengolahan non migas tercatat melambat sepanjang sembilan bulan tahun ini. Hingga September 2014 industri pengolahan non migas tercatat sebesar 5,3 persen. Angka ini lebih rendah dari capaian periode yang sama pada tahun sebesar 6,33 persen.

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan perlambatan ini disebabkan oleh proses politik yang berlangsung hampir sepanjang tahun ini. Kondisi itu membuat para investor menahan investasinya di Indonesia.

"Banyak investor yang lebih wait and see dan tidak terlalu begitu gencar melakukan investasi karena kita memasuki tahun politik," tutur Saleh di Jakarta, Senin (22/12).

Akibat iklim politik yang tidak stabil, investasi sektor manufaktur pun terhambat. Sepanjang tiga kuartal tahun ini, investasi asing (penanaman modal asing/PMA) di sektor manufaktur hanya US$ 10,15 miliar, turun 18,33 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Investasi dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) memang masih tumbuh 9,28 persen, menjadi Rp 41,84 triliun. Namun karena porsi investasi asing lebih besar, secara keseluruhan nilai investasinya turun.

Halaman:
Reporter: Petrus Lelyemin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...