25 Kota di AS Berlakukan Jam Malam Akibat Meluasnya Kerusuhan

Dimas Jarot Bayu
31 Mei 2020, 12:28
Lucas Jackson Pengunjuk rasa mengangkat tangannya di depan api saat berdemo mengecam kematian pria Afrika-Amerika George Floyd saat ditahan polisi, di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat, Sabtu (30/5/2020).
ANTARA FOTO/REUTERS/Lucas Jackson/wsj/dj
Lucas Jackson Pengunjuk rasa mengangkat tangannya di depan api saat berdemo mengecam kematian pria Afrika-Amerika George Floyd saat ditahan polisi, di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat, Sabtu (30/5/2020).

Sebanyak 25 kota di 16 negara bagian Amerika Serikat mulai memberlakukan jam malam. Ini menyusul terjadinya kerusuhan yang berawal dari aksi solidaritas atas kematian warga keturunan Afrika Amerika George Floyd.

Dilansir dari CNN pada Minggu (31/5), 25 kota tersebut antara lain Beverly Hills, Los Angeles, Denver, Miami, Atlanta, Chicago, Louisville, Minneapolis, St. Paul, Rochester, Cincinnati, Cleveland, Columbus, Dayton, Toledo, Eugene. Kemudian, Portland, Philadelphia, Pittsburgh, Charleston, Columbia, Nashville, Salt Lake City, Seattle, dan Milwaukee.

Advertisement

Wali Kota Los Angeles Eric Garcetti mengatakan, kebijakan jam malam di wilayahnya berlaku sejak pukul 20.00 hingga 05.30 waktu setempat. Kebijakan tersebut, lanjut Eric, dilakukan demi melindungi keselamatan warga Los Angeles.

(Baca: Trump Tawarkan Bantuan Militer untuk Redam Kerusuhan di Minnesota)

"Mayoritas demonstran yang turun ke jalan melakukan aksi dengan damai dan menjunjung tinggi nilai luhur yang mereka perjuangkan. Jam malam ini diberlakukan untuk melindungi keamanan mereka dan keamanan semua yang tinggal dan bekerja di kota kita," kata Eric.

Wali Kota Philadelphia Jim Kenney mengatakan, kebijakan jam malam di wilayahnya diperpanjang pada Minggu (31/5) pukul 20.00 hingga Senin (1/6) pukul 06.00 waktu setempat. Di antara jeda kebijakan jam malam tersebut, warga Philadelphia masih diperbolehkan untuk keluar rumah.

"Hanya untuk bekerja di sektor bisnis yang penting, mencari perawatan medis, atau meminta bantuan polisi," kata Kenny melalui akun Twitter-nya.

Untuk diketahui, protes menjalar di AS beberapa jam setelah mantan polisi Minnesota yang membunuh Floyd, Derek Chauvin didakwa atas pembunuhan tingkat tiga. Chauvin juga menghadapi tuduhan pembunuhan tingkat dua.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement