Penambahan Kasus Harian Corona di Lima Provinsi Masih Tinggi

Tambahan kasus corona tersebut juga berasal dari para pekerja migran yang baru kembali ke Indonesia.
Dimas Jarot Bayu
31 Mei 2020, 17:17
virus corona, covid-19, kasus corona, perkembangan kasus corona, corona hari ini
ANTARA FOTO/Syaiful Arif/nz
Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan suhu tubuh pengendara motor yang melintas di depan pos Keplaksari, Kecamatan Peterongan,Jombang, Jawa Timur, Kamis (28/5/2020). Pemeriksaan tersebut untuk mengantisipasi peningkatan penyebaran virus Corona (COVID-19) di Kabupaten Jombang, karena banyak masyarakat yang sudah mulai kembali beraktivitas di luar rumah.

Pemerintah mencatat laju penyebaran virus corona (Covid-19) masih tinggi di lima provinsi pada Minggu (31/5). Kelimanya antara lain Jawa Timur, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Juru bicara nasional penanganan corona Achmad Yurianto mengatakan terdapat tambahan 244 kasus positif corona di Jawa Timur pada saat ini. "Ada penambahan dibandingkan kemarin sebanyak 199 kasus," kata Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Minggu (31/5).

Dia mengatakan, penambahan kasus corona di DKI Jakarta pada hari ini sebanyak 118 orang. Jumlah ini meningkat 17 kasus dibandingkan kemarin yang sebesar 101 orang.

(Baca: Bertambah 700 Kasus, Positif Corona di Indonesia Capai 26.473 Orang)

Advertisement

Meski demikian, Yurianto menyebut tingginya tambahan kasus corona di Jakarta bukan semata disebabkan oleh penduduk di Ibu Kota. Tambahan kasus corona tersebut juga berasal dari para pekerja migran yang baru kembali ke Indonesia.

Dia menjelaskan ada sekitar 1.000 pekerja migran yang datang ke Indonesia setiap harinya melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta. "Kami melakukan screening. Apabila dtemukan kasus positif, kami rawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran," kata Yurianto.

Di NTB, penambahan kasus positif corona pada hari ini sebanyak 42 orang. Sedangkan di Jawa Tengah, ada tambahan 73 orang yang terinfeksi corona.

Yurianto mengatakan, penambahan kasus corona di Sulawesi Selatan sebesar 31 orang pada hari ini. Menurutnya, jumlah ini menurun dibandingkan hari sebelumnya 42 orang.  "Namun angkanya masih cukup signifikan," ujarnya.

(Baca: LIPI Sebut Virus Covid-19 Lebih Menular Ketimbang SARS dan MERS)

Sementara berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, terdapat tambahan 30 kasus positif corona di Jawa Barat, 26 kasus di Kalimantan Selatan, dan 19 kasus di Sumatera Selatan. Ada tambahan 17 kasus baru masing-masing di Sulawesi Utara dan Papua.

Kemudian, terdapat tambahan 15 kasus corona di Sumatera Barat, 12 kasus di Kalimantan Tengah, 10 kasus di Bali, 8 kasus di Maluku, dan 7 kasus di Maluku Utara. Terdapat 6 kasus baru di Papua Barat, 5 kasus di Bengkulu, 5 kasus di Kalimantan Barat, 4 kasus di Kalimantan Timur, 4 kasus di Sulawesi Barat.

Ada pula tambahan 3 kasus corona masing-masing di Banten, Yogyakarta, Sumatera Utara, dan Sulawesi Tenggara. Di Sulawesi Tengah, ada 2 tambahan kasus corona baru.

(Baca: Kemenlu: 956 WNI Positif Corona di Luar Negeri)

Lebih lanjut, Yurianto menyebutkan ada tambahan satu kasus konfirmasi positif corona masing-masing di Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Lampung, dan Nusa Tenggara Timur. "Sementara ada provinsi yang tidak ada kasus pada hari ini, di antaranya Aceh, Jambi, Kalimantan Utara, dan Riau," kata dia.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait