Penambahan Kasus Harian Corona di Lima Provinsi Masih Tinggi

Dimas Jarot Bayu
31 Mei 2020, 17:17
virus corona, covid-19, kasus corona, perkembangan kasus corona, corona hari ini
ANTARA FOTO/Syaiful Arif/nz
Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan suhu tubuh pengendara motor yang melintas di depan pos Keplaksari, Kecamatan Peterongan,Jombang, Jawa Timur, Kamis (28/5/2020). Pemeriksaan tersebut untuk mengantisipasi peningkatan penyebaran virus Corona (COVID-19) di Kabupaten Jombang, karena banyak masyarakat yang sudah mulai kembali beraktivitas di luar rumah.

Pemerintah mencatat laju penyebaran virus corona (Covid-19) masih tinggi di lima provinsi pada Minggu (31/5). Kelimanya antara lain Jawa Timur, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Juru bicara nasional penanganan corona Achmad Yurianto mengatakan terdapat tambahan 244 kasus positif corona di Jawa Timur pada saat ini. "Ada penambahan dibandingkan kemarin sebanyak 199 kasus," kata Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Minggu (31/5).

Dia mengatakan, penambahan kasus corona di DKI Jakarta pada hari ini sebanyak 118 orang. Jumlah ini meningkat 17 kasus dibandingkan kemarin yang sebesar 101 orang.

(Baca: Bertambah 700 Kasus, Positif Corona di Indonesia Capai 26.473 Orang)

Meski demikian, Yurianto menyebut tingginya tambahan kasus corona di Jakarta bukan semata disebabkan oleh penduduk di Ibu Kota. Tambahan kasus corona tersebut juga berasal dari para pekerja migran yang baru kembali ke Indonesia.

Dia menjelaskan ada sekitar 1.000 pekerja migran yang datang ke Indonesia setiap harinya melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta. "Kami melakukan screening. Apabila dtemukan kasus positif, kami rawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran," kata Yurianto.

Di NTB, penambahan kasus positif corona pada hari ini sebanyak 42 orang. Sedangkan di Jawa Tengah, ada tambahan 73 orang yang terinfeksi corona.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...