April Mop, Momen Hari "Prank" dan "Hoax" Sedunia

Safrezi Fitra
1 April 2021, 17:29
april mop, kejutan april, hoax april, prank april, prank, hoax, april fools day, 1 april
freepik.com
Sebagian masyarakat dunia merayakan April Mop setiap tanggal 1 April.

April Mop atau dikenal juga dengan April Fools' Day diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. April Mop menjadi momen setiap orang bebas melakukan "prank",  mengumbar hoax, berbohong, berbuat jahil, atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa merasa bersalah atau disalahkan. Banyak orang di berbagai belahan dunia berlomba membuat lelucon, mulai dari yang biasa saja hingga yang menghebohkan dan menggemparkan.

Tak hanya menjadi ajang menjahili teman, keluarga, musuh, hingga orang yang tidak dikenal, di beberapa negara, surat kabar dan juga media lainnya turut berpartisipasi dalam April Mop. Misalnya, dengan menulis tajuk utama atau berita palsu untuk mengerjai para pembacanya.

BBC pernah memuat segmen berita mengenai panen spageti dari pohon di Swiss pada 1957. Banyak orang Inggris yang mempercayainya. Padahal, tak ada satu pun tumbuhan yang bisa menghasilkan pasta. Cerita ini menduduki peringkat teratas dalam daftar lelucon April Mop sepanjang massa oleh situs Museum of Hoaxes.

Sebelumnya pada 1940, museum sains di Philadelphia, Franklin Institute, merilis siaran pers mengenai kiamat. Rilis ini menjelaskan ilmuwan telah meramalkan dunia akan berakhir pada 1 April pukul 15.00 waktu setempat. Bahkan, pemberitahuan ini juga dipertegas dengan pernyataan “Ini bukan lelucon April Mop". Kabar ini sempat membuat kehebohan besar di salah satu kota besar Amerika Serikat ini.

Di beberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afrika Selatan, lelucon hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang hari. Seseorang yang memainkan trik setelah tengah hari disebut sebagai "April Mop". Namun di tempat lain seperti Kanada, Prancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat lelucon bebas dimainkan sepanjang hari.

Asal Usul April Mop

April Mop telah menjadi budaya barat sejak lama. Meski diperingati setiap tahunnya, tidak ada catatan sejarah pasti tentang asal mula peringatan April Mop. Melansir Time.com, ada kemungkinan peringatan April Mop berasal tradisi untuk merayakan sebuah festival Yunani-Romawi. Festival itu dikenal dengan nama Hilaria yang dirayakan tiap tanggal 25 Maret.

Hilaria merupakan perayaan untuk menghormati Cybele, seorang Bunda Dewa Yunani kuno. Perayaan itu dilakukan dengan parade, topeng dan lelucon untuk memperingati hari pertama setelah equinox vernal, sebagai awal tahun dalam kalender Julian.

Kisah awal mula April Mop di beberapa negara berbeda. Beberapa sejarawan memperkirakan April Mop dimulai pada tahun 1582 di Prancis. Saat itu, Prancis mengganti sistem kalender dari Julian menjadi Gregorian. Pada abad pertengahan, seluruh Eropa merayakan tahun baru pada tanggal 25 Maret hingga 1 April. Saat Raja Charles IX mengganti sistem kalender, tahun baru dipindah menjadi tanggal 1 Januari.

Namun, karena sudah menjadi kebiasaan, masyarakat masih tetap merayakan tahun baru pada 1 April. Orang-orang yang terlanjur merayakan tahun baru ini dijuluki 'Poisson d'avril' atau 'April Fish' sebagai simbol orang yang gampang dibohongi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...