Pemerintah Singapura Protes KPK karena Disebut Surga Koruptor

Safrezi Fitra
10 April 2021, 13:15
kpk, singapura, deputi penindakan kpk, karyoto, singapura surga koruptor, korupsi, perjanjian ekstradisi
ANTARA/MUHAMMAD ADIMAJA
Seorang pekerja sedang membersihkan logo KPK di Jakarta, Rabu (21/11).

Pemerintah Singapura memprotes pernyataan Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irjen Karyoto yang mengatakan negara tersebut sebagai surga para koruptor. Padahal, Singapura mengaku telah banyak membantu KPK dalam upaya penindakan korupsi.

"Tuduhan tersebut tidak berdasar. Singapura telah memberikan bantuan kepada Indonesia dalam beberapa investigasi sebelumnya dan yang sedang berlangsung," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Singapura dalam keterangannya, Jumat (9/4).

Advertisement

Salah satu bantuan tersebut adalah kerja sama Biro Penyelidikan Praktik Korupsi (CPIB) dengan KPK. CPIB telah membantu KPK dalam menyampaikan permintaan pemanggilan kepada orang-orang yang sedang dalam penyelidikan.

Singapura juga memfasilitasi kunjungan KPK ke negaranya pada Mei 2018 untuk mewawancarai orang yang berkepntingan dalam penyelidikan KPK.Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolangi pun telah mencatat koordinasi KPK dengan CPIB melalui keterangan publik yang disampaikan pada 30 Desember 2020.

Singapura dan Indonesia juga telah menandatangani perjanjian ekstradisi dan kerja sama pertahanan (Extradition Treaty and Defence Cooperation Agreement) pada April 2007. Penandatanganan ini disaksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong yang menjabat saat itu. Namun, kedua perjanjian ini belum rampung dan masih menunggu ratifikasi oleh DPR RI.

Meski perjanjiannya belum selesai, Jubir Kemlu ini mengatakan Singapura akan tetap memberikan bantuan yang diperlukan Indonesia. Singapura dan Indonesia terlibat dalam perjanjian Bantuan Hukum Timbal Balik dalam masalah pidana di antara sesama negara ASEAN. (Treaty on Mutual Legal Assistance (MLA) in Criminal Matters among Like-minded ASEAN Member Countries).

Singapura mengaku telah berulang kali memberikan bantuan kepada Indonesia berdasarkan permintaan MLA yang diajukan Indonesia. Singapura juga berkomitmen memperkuat kerja sama dengan sesama negara ASEAN, termasuk pembahasan perjanjian ekstradisi yang masih terus berlangsung.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement