Jejak 53 Tahun Citi di RI: Alumni Bankir hingga Tutup Consumer Banking

Safrezi Fitra
16 April 2021, 17:56
citi, citibank, kartu kredit citibank
Arief Kamaludin | Katadata
ATM Citibank di Jakarta.

Raksasa keuangan asal Amerika Serikat, Citigroup Inc. mengumumkan akan menutup bisnis consumer banking atau nasabah retail di 13 negara, termasuk Indonesia. Keputusan ini mengejutkan setelah 53 tahun Citi hadir di Indonesia.

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi mengatakan Citigroup telah berada di Indonesia sejak 1968 dengan tim yang penuh dedikasi dan basis klien yang kuat. Penyegaran strategi ini akan menciptakan peluang besar bagi perusahaan untuk menawarkan nilai proposisi yang berbeda dan unik kepada klien.

Advertisement

“Kami memasuki fase baru pertumbuhan dan transformasi yang berfokus pada bisnis perbankan institusional kami,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (16/4).

Penutupan bisnis consumer banking akan berimbas pada layanan kartu kredit Citibank. Batara mengatakan layanan kartu kredit Citi Indonesia akan ditutup. Padahal, Citibank merupakan bank asing pertama yang memperkenalkan layanan kartu kredit kepada masyarakat Indonesia pada 1989.

Dengan ditutupnya bisnis consumer, Citi akan berfokus pada bisnis perbankan institusional. Saat ini Citibank sudah melayani 90% dari 20 perusahaan terbesar di Indonesia. "Pada tahun lalu kami mengumpulkan dana sebesar lebih dari US$ 10 miliar untuk para klien kami di Indonesia," kata Batara.

Perjalanan Citi di Indonesia

Citi memulai operasinya di Indonesia pada 1968 dengan membuka layanan perbankan. Perusahaan ini awalnya berkantor di Hotel Indonesia dengan 15 karyawan. Citibank pertama kali membuka kantor cabang di Jalan Gatot Subroto.  

Pembukaan kantor cabang di luar ibu kota pertama kali dilakukan pada 1989 di Surabaya. Kini Citibank beroperasi dengan 10 cabang di enam kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, dan Denpasar.

Citi merupakan salah satu bank asing dengan aset terbesar di Indonesia. Citibank menjadi bank pertama yang memperkenalkan electronic banking pada 1980. Citibank juga mempelopori layanan nasabah melalui telepon pada 1993.

Citibank menjadi bank asing pertama yang memperkenalkan mesin ATM. Kini Citibank memiliki jaringan transaksi nasabah di sekitar 33.000 titik pembayaran dan jaringan distribusi korporasi di sekitar 6.000 lokasi di 34 provinsi. Citibank terkoneksi dengan jaringan ATM Bersama dengan lebih dari 70.000 terminal ATM yang tersebar di berbagai lokasi di seluruh wilayah Indonesia.

Struktur bisnis Citi di Indonesia terbagi dalam dua kelompok utama, yakni Citi Indonesia Institutional Clients Group (ICG) dan Global Consumer Banking (GCB). 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement