Cek Fakta: Vaksin Covid-19 Pfizer Dipasang Cip Microsoft

Safrezi Fitra
28 April 2021, 14:04
cek fakta, cek fakta vaksin, vaksin covid-19, vaksin pfizer, pfizer, hoaks, hoax vaksin covid-19, vaksin pfizer ditanam chip, microsoft
ANTARA FOTO/REUTERS/Matthew Childs/WSJ/cf
Pfizer
GNI: Keliru

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook menyebutkan vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech telah dimutakhirkan (upgrade) dengan menyisipkan cip komputer buatan Microsoft di dalamnya. Unggahan ini beredar sejak pertengahan April 2021.

Cip Microsoft dimasukkan ke dalam vaksin untuk mengurangi efek samping yang muncul setelah divaksin. Dengan tambahan chip tersebut, vaksin Pfizer disebutkan dapat mengurangi efek kelelahan dan nyeri pasca-vaksinasi, serta meningkatkan kepekaan indera penerima vaksin.

Advertisement

Informasi ini diunggah akun Wallang Perra di grup publik Facebook bernama The Voice Of Mul, Baiyer & Lumusa pada Rabu (14/4). "Akhirnya Pfizer mengaku memasukkan chip/teknologi nano Microsoft (Bill Gates) ke dalam vaksin, sebelum ada yang menyadari taktik mereka dan membongkarnya di laboratorium,” kutipan dalam unggahan tersebut.

Unggahan vaksin Pfizer ditanam chip Microsoft
 (Facebook)

Unggahan ini juga menyertakan artikel berbahasa Inggris yang dimuat oleh situs Valuewalk.com pada 9 April 2021 dengan judul "Pfizer Announces Covid-19 Vaccine Upgrade, Now Includes Microsoft Chip For Reduced Symptoms".

Artikel ini menyebutkan Pfizer baru saja merilis pernyataan resmi kepada investor, bahwa perusahaan telah meneken kontrak dengan Microsoft untuk mengintegrasikan chip processor Pluton ke dalam vaksin, guna mengurangi efek samping.

Dalam pernyataan resmi itu disebutkan vaksin Pfizer dapat mengurangi efek kelelahan dan nyeri pasca-vaksinasi, serta meningkatkan kepekaan indera penerima vaksin.

CEO Microsoft memuji pembaruan vaksin Covid-19 Pfizer CEO Microsoft Satya Nadella mengatakan "Ini adalah revolusi besar dalam dunia medis, dengan penambahan chip canggih Pluton dari Microsoft, pelacakan data penerima vaksin menjadi lebih mudah. Kami dapat menggunakan chip ini untuk mengatur suhu tubuh, mengurangi kemungkinan terpapar Covid-19, dan membuat seseorang lebih mungkin memilih produk kami," seperti dikutip dalam artikel tersebut.

Halaman:

Konten cek fakta ini kerja sama Katadata dengan Google News Initiative untuk memerangi hoaks dan misinformasi vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia.

google news initiative x katadata
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement