Cek Fakta: Tidak Benar Covid-19 Bakteri yang Terpapar Radiasi

Safrezi Fitra
4 Mei 2021, 17:00
Covid-19, virus corona, corona, bakteri, bakteri kena radiasi, virus, cek fakta, hoaks, hoaks virus corona, hoakx covid-19, evergreen, bakteri covid
ANTARA FOTO/REUTERS/Phil Noble/hp/cf
Ilustrasi virus.
GNI: Keliru
 

Pesan berantai beredar di media sosial menyebutkan Covid-19 bukan virus, melainkan bakteri yang sudah terpapar radiasi. Bakteri ini bisa menyebabkan kematian pada manusia melalui pembekuan darah.

Informasi dalam pesan tersebut diklaim bersumber Kementerian Kesehatan Rusia. Dalam narasinya, dokter di Rusia tidak mau mendengarkan protokol Badan Kesehatan Dunia (WHO) melakukan otopsi terhadap pasien Covid-19.

Advertisement

Setelah membuka lengan, kaki, dan bagian tubuh lainnya dan memeriksanya dengan cermat, dokter tersebut memperhatikan pembuluh darah pasien melebar dan penuh dengan gumpalan darah. Ini yang membuat aliran darah terhambat dan mengurangi aliran oksigen.

Setelah mengetahui penelitian ini, Kementerian Kesehatan Rusia segera mengubah protokol pengobatan untuk Covid-19 dan memberikan aspirin kepada pasien.

“Tidak lain adalah koagulasi di dalam pembuluh darah (penggumpalan darah) dan metode pengobatan tablet antibiotik, anti-inflamasi dan meminum antikoagulan (aspirin). Hal ini menunjukkan bahwa penyakit dapat diobati," seperti dikutip dalam pesan tersebut.

Narasi lainnya menjelaskan Rusia sudah tidak lagi menggunakan ventilator dan unit perawatan intensif bagi pasien Covid-19. Tiongkok pun sudah mengetahui hal ini, tetapi tidak pernah merilis laporannya.

Penelusuran Fakta

Narasi tersebut merupakan hoaks daur ulang dengan mencatut instansi Kementerian Kesehatan Ruisa, setelah sebelumnya narasi serupa. Klaim yang menyebut bahwa covid-19 bukanlah virus melainkan bakteri yang terpapar radiasi juga keliru.

Narasi dalam pesan ini ternyata bukan pertama kali. Sebelumnya sudah ada narasi yang sama dalam pesan berbeda yang sempat viral pada Februari 2020.

Pada Juni 2020 pun narasi serupa beredar dengan diksi yang berbeda dengan menyebutkan sumber Kementerian Kesehatan Italia. Situs resmi Kementerian Kesehatan Italia salute.gov.it, menjelaskan Covid-19 adalah keluarga besar virus yang menyebabkan berbagai penyakit mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih serius. Virus ini seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Sama halnya dengan penelusuran terkait pesan yang saat ini beredar. Tidak ada pernyataan resmi dari pemerintah maupun lembaga penelitian Rusia terkait penemuan bahwa Covid-19 bukan disebabkan oleh virus, melainkan bakteri terradiasi.

Halaman:

Konten cek fakta ini kerja sama Katadata dengan Google News Initiative untuk memerangi hoaks dan misinformasi vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia.

google news initiative x katadata
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement