Kasus Covid-19 Dua Pekan Melampaui 6 Bulan Masa Awal Pandemi

Safrezi Fitra
8 Mei 2021, 12:59
covid-19, kasus covid-19, positif covid-19, kasus covid-19 dunia, pandemi, krisis covid, virus corona
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Sejumlah tenaga kesehatan merawat pasien positif COVID-19.

Kasus Covid-19 dunia semakin mengkhawatirkan. Jumlah kasus Covid-19 dunia per 7 Mei 2021 sudah mencapai 155,57 juta kasus berdasarkan data Worldometer. Angka kematiannya mencapai 3,28 juta.

Mengutip laporan mingguan WHO mengenai kasus epidemiologi global Covid-19, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan dalam dua pekan hingga 2 Mei 2021, kasus virus corona dunia sudah melampaui enam bulan pertama pandemi Covid-19.

“Jumlahnya sangat tinggi, dengan lebih dari 5,7 juta kasus per minggunya. Kondisi ini penting menjadi pengingat kita semua bahwa penyebaran virus ini masih terjadi di mana-mana,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan pers menyambut kedatangan vaksin 1,39 juta dosis vaksin jadi AstraZeneca, di Bandar Udara Soekarno Hatta, Banten, Sabtu (8/5).

Kawasan Asia Tenggara yang dalam terminologi WHO terdiri dari India, Indonesia, Nepal, Bangladesh, Sri Lanka, Thailand, Maldives, Timor Leste, Myanmar, dan Bhutan mengalami kenaikan kasus tertinggi, yaitu 19% dalam kurun waktu seminggu sampai 2 Mei 2021.

Dengan kenaikan kasus baru tersebut, menempatkan kawasan Asia Tenggara sebagai penymbang kasus tertinggi. Menurut Retno, 47% kasus baru dunia dalam kurun waktu tersebut berasal dari Asia Tenggara.

Retno pun kembali mengimbau seluruh masyarakat untuk terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Dia juga mengajak semua pihak ikut berpartisipasi dalam program vaksinasi yang tengah digulirkan pemerintah sebagai bagian dari upaya untuk keluar dari pandemi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...