Farm House Lembang Daya Tarik Wisata Gaya Eropa

Farm House Lembang merupakan tempat wisata yang terbilang unik. Mengusung gaya Erope, tempat wisata ini memiliki daya tarik tersendiri.
Image title
10 Juni 2021, 10:08
Wisatawan berfoto dengan latar belakang kincir angin khas Negara belanda di Wisata Farm House Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (2/1/2020). Pengelola Farmhouse Lembang menyatakan jumlah pengunjung pada liburan Natal dan Tahun Baru 2020 d
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Wisatawan berfoto dengan latar belakang kincir angin khas Negara belanda di Wisata Farm House Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (2/1/2020). Pengelola Farmhouse Lembang menyatakan jumlah pengunjung pada liburan Natal dan Tahun Baru 2020 di Farm House Lembang menurun 20 persen dibandingkan dengan liburan Natal dan Tahun Baru pada Tahun lalu.

Mengenal Farm House Lembang

Bandung memang selalu menarik perhatian banyak orang. Tempat wisata di Bandung hadir dengan mengusung berbagai konsep, salah satunya, Farm House Lembang. Tempat wisata ini sudah ada sejak 2015, pamornya semakin hari semakin naik. Berada tak jauh dari pusat Lembang membuat tempat wisata ini banyak dikunjungi wisatawan baik dari wisatawan lokal dan yang berasal dari luar kota.  

Tempat wisata ini terbilang unik karena mengusung konsep yang berbeda dibandingkan dengan tempat wisata Bandung lainnya. Atmosfer Eropa sangat terasa jika kamu berkunjung ke tempat ini. Desain dan konsep wisata yang coba ditonjolkan memang berkiblat dari suasana Eropa. Area yang luas membuat wisatawan semakin puas ketika menyusuri tempat wisata ini.

Tempat wisata ini sering disebut sebagai wisata foto, karena memang salah satu yang paling ditonjolkan dari Farm House Lembang adalah spot foto yang menarik dan unik. Tak jarang jika tempat ini banyak di datangi fotografer yang hendak mengabadikan momen di tempat ini.

Tempat wisata farm house ini berada di Jalan Raya Bandung – Lembang. Jika berangkat dari arah Bandung, kamu akan menemukan tempat wisata ini disebelah kanan jalan. Tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 2 km dari pusat Lembang. Lebih lengkapnya Farm House Lembang ini beralamat di Jalan Raya Lembang Nomor 108, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat. Jam operasionalnya dibuka mulai dari jam 09.00 sampai jam 21.00 WIB.

Akses Menuju Farm House Lembang Bandung

Untuk menuju ke lokasi Farm House Lembang tersebut kamu dapat menggunakan  kendaraan pribadi dengan menyusuri jalan utama Bandung – Lembang. Kamu dapat melewati jalan tol, dan keluar di gerbang pasteur kemudian menyusuri jalan Sukajadi, dilanjutkan melewati Jalan Setiabudi – Ledeng, dan terus lurus sampai menemukan tempat wisata tersebut.

Alternatif jalan lainnya yang dapat kamu ambil yakni dengan melewati tol baros Cimahi. Ketika keluar dari gerbang tol tersebut, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan rute alternatif yakni dari Cimahi ke Parongpong dan kemudian dilanjutkan ke Lembang. Setelah menemukan pertigaan Parongpong – Lembang, kamu dapat berbelok ke kanan menuju arah Bandung.

Jika masih bingung, kamu dapat menggunakan bantuan aplikasi peta online. Tempat ini sudah sangat terkenal, sehingga ketika kamu menyasar akan mudah bertanya pada orang disekitar jalan, kemungkinan besar mereka juga akan mengetahui tempat wisata yang kamu tuju dan dapat menunjukkan arah yang benar menuju tempat wisata tersebut.

Kamu juga bisa menggunakan moda transportasi umum. Kamu dapat menggunakan angkutan umum jurusan Stasiun Hall sampai lembang. Angkutan umum ini hanya ada satu rute saja, kamu bisa naik angkutan umum dari stasiun Bandung atau disekitar jalan Setiabudi atau terminal Ledeng.

Selain angkutan umum jurusan Stasiun Hall – Lembang, kamu juga dapat menggunkan taksi atau ojek online yang sudah banyak beroperasi di tempat tersebut. Menggunakan mode transportasi online dirasa lebih praktis dan lebih aman, terlebih jika kamu adalah pendatang yang tidak hafal dengan rute jalan menuju Farm House Lembang.

Berkunjung ke tempat wisata ini sangat direkomendasikan pada hari biasa atau weekdays. Hal tersebut dikarenakan jalanan menuju tempat wisata Bandung akan sangat padat ketika musim liburan atau akhir pekan tiba. Tentu saja waktu di perjalanan menjadi lebih lama ketika harus terjebak macet.

Tiket Masuk Farm House Lembang

Farm House Lembang mematok harga tiket masuk sebesar Rp25.000. Harga tersebut belum termasuk dengan biaya parkir di tempat wisata ini. Jika  membawa kendaraan roda dua, kamu akan diminta  membayar parkir Rp 5.000, sedangkan jika kamu membawa kendaraan roda empat atau mobil kamu akan dikenakan biaya parkir Rp10.000. Harga tersebut tentu dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti kebijakan dari pengelola tempat wisata tersebut.

Yang menarik dari tempat ini, jika kamu sudah membayar tiket masuk kamu juga akan mendapatkan welcome drink gratis berupa susu murni khas Lembang dengan berbagai varian rasa. Tentu saja hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi bukti bahwa tempat wisata ini sangat menghargai para pengunjungnya.

 

Ada Apa Saja di Farm House Lembang?

Selain akses mudah dan harga tiket yang cukup terjangkau, Farm House Lembang juga memberikan beberapa fasilitas menarik yang berbeda dengan tempat wisata lainnya. Beberapa fasilitas dan aktivitas seru yang dapat kamu lakukan saat berkunjung ke tempat wisata satu ini diantaranya, sebagai berikut:

1. Rumah Hobbit

Rumah Hobbit ini menjadi salah satu fasilitas atau objek wisata yang favorit. Pengunjung yang datang ke tempat wisata ini pasti mampir ke objek wisata yang satu ini. Rumah hobbit ini berukuran kecil yang ditata sangat rapi dan indah, membuat siapa saja tertarik untuk menghampiri. Tempat ini menjadi salah satu spot foto favorit para pengunjung.

Bagi anak-anak, rumah hobbit ini menjadi area bermain yang sangat menarik, karena tidak semua tempat wisata menyediakan objek wisata tersebut. Jika kamu mengajak anak-anak ke rumah hobbit ini, sudah pasti mereka akan senang dan enggan untuk diajak pulang.

2. Peternakan

Salah satu yang juga menjadi pembeda antara farm house ini dengan tempat wisata Bandung lainnya yakni disini terdapat beberapa hewan yang sengaja diternakan dan sekaligus menjadi objek wisata. Disana terdapat beberapa hewan ternak seperti kambing, kelinci, sapi, burung, dan hewan lainnya.

Kamu dapat berfoto dengan hewan-hewan tersebut. Peternakan di Farm House Lembang ini juga dapat menjadi salah satu tempat untuk mengenalkan berbagai jenis hewan ternak kepada anak-anak. Bukan hanya wisata bermain atau berfoto saja, anak-anak juga dapat belajar di tempat ini.

3. Bangunan dan Taman Gaya Eropa

Bangunan dan taman di tempat wisata ini memang berkiblat pada kebudayaan Eropa. Kamu dapat berfoto di tempat tersebut dan serasa berada di tengah perkampungan Eropa. Terlebih jika suasananya sedang sepi, nuansa Eropa akan semakin nyata.

Keindahan termpat tersebut semakin terasa saat kebetulan sedang berkabut. Berada di daerah pegunungan, membuat tempat wisata ini sesekali tertutupi kabut. Kabut menjadi pelengkap dari bangunan dan taman gaya eropa yang ada di tempat tersebut.

4. Gembok Cinta

Objek wisata lainnya yang ada di tempat wisata ini adalah gembok cinta. Seperti ojek wisata gembok cinta lainnya, cembok cinta di Farm House Lembang juga mengusung konsep yang sama yakni menuliskan nama kamu dan pasangan di sebuah gembok kunci, kemudian gembok tersebut kamu pasang di tempat yang sudah disediakan oleh pengelola. Saat ini sudah banyak gembok yang terpasang di tempat tersebut menandakan bahwa sudah banyak pengunjung yang mendatangi objek wisata tersebut.

4. Tempat Penukaran Susu Murni

Lembang sudah sejak lama dikenal sebagai penghasil susu murni. Di Farm House Lembang ini para pengunjung akan mendapatkan fasilitas untuk menikmati susu murni khas Lembang. Tiket masuk bisa ditukarkan dengan susu murni.  Ternyata tempat penukaran susu murni ini juga menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri dari tempat ini dibandingkan dengan tempat lain.

Saat musim liburan, area penukaran ini menjadi salah satu tempat yang paling ramai. Hampir semua pengunjung penasaran dengan rasa dari susu murni khas Lembang sehingga membuat antrian di tempat tersebut mengekor sangat panjang.

Fasilitas unik ini juga sebenarnya merupakan salah satu strategi mengenalkan produk susu murni dari Lembang. Banyak wisatawan yang akhrinya tertarik dengan susu murni ini dan membelinya sebagai oleh-oleh. Cara ini merupakan strategi marketing yang sangat baik karena calon konsumen dibuat untuk merasakan terlebih produk yang mereka hasilkan kemudian akan penasaran dan membeli produk tersebut di beberapa pusat oleh-oleh yang ada di sekitar tempat wisata Farm House Lembang tersebut.

Selain empat fasilitas tersebut, Farm House Lembang juga menyediakan berbagai fasilitas lainnya seperti cafe, toilet, tempat istirahat, tempat ibadah, tempat belanja, dan beberapa fasilitas pendukung lainnya yang membuat para pengunjung semakin nyaman ketika datang ke tempat tersebut.

Jika kamu dan keluarga berasal dari luar kota dan ingin lebih lama berlibur di Lembang khususnya di daerah dekat dengan Farm House Lembang, kamu juga dapat menyewa penginapan. Di dekat lokasi wisata farm house sudah banyak penginapan yang dapat kamu sewa. Harga penginapan di Lembang bervariasi, tergantung fasilitas yang dtawarkan. Semakin lengkap fasilitas yang ditawarkan, semakin mahal pula biaya inapnya.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait