Balai Kota Bandung Menjadi Destinasi Wisata Baru di Kota Kembang

Siti Nur Aeni
9 Juni 2021, 18:44
Balai Kota Bandung, sejarah balai kota bandung, taman balai kota bandung, labirin balai kota bandung
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.
Potret sudut Balai Kota Bandung

Mengenal Sejarah Balai Kota Bandung

Balai Kota Bandung sudah sejak lama menjadi ikon dari Kota Bandung. Sama halnya dengan kota lain, daya tarik dari balai kota di Bandung juga cukup tinggi. Tempat ini mulai ramai didatangi masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya sejak direnovasi pada masa kepemimpinan Ridwan Kamil atau yang akrab dipanggil Kang Emil.

Pada masa kepemimpinan Kang Emil, tata ruang Kota Bandung banyak mengalami transformasi menjadi tempat yang lebih segar dan kekinian. Balai kota menjadi salah satu tempat yang mendapatkan perhatian khusus oleh wali kota pada saat ini.

Selain icon sebuah kota, Balai Kota Bandung juga menyimpan sejarah yang tak banyak diketahui. Dulunya, tanah balai kota ini sebuah gudang kopi yang digunakan tuan tanah bernama Andries de Wilde. Pada 1927, gudang kopi tersebut dirobohkan dan dibangun ruang kerja untuk wali kota berserta dengan jajarannya. Hingga kini balai kota masih menjadi pusat pemerintahan kota Bandung.

Patung badak putih menjadi salah satu yang menarik di Balai Kota. Masyarakat Bandung percaya patung tersebut sebagai simbol perysaratan pusat Kota Bandung yang harus tegak lurus menghadap ke jalan raya dan lahannya harus miring ke selatan. Bukan hanya mitos itu saja yang berkembang, alun-alun Kota Bandung juga di percaya sebagai tempat berkubang dari badak putih tersebut. Walaupun terdengar hanya mitos, ini menjadi bagian dari kearifan lokal yang harus dilestarikan.

Taman Balai Kota Bandung

Balai Kota Bandung tentu tidak hanya berisi kantor wali kota. Di sana terdapat taman kota yang juga berfungsi sebagai ruang publik bagi masyarakat Bandung maupun wisatawan yang sengaja datang ke tempat tersebut.

Taman balai kota ini banyak digunakan masyarakat melakukan aktivitas publik seperti berolahraga, berkumpul, duduk santai, hingga tempat diskusi. Taman balai kota ini tak pernah sepi pengunjung, apalagi Sabtu dan Minggu, taman ini seakan menjadi tempat berkumpulnya warga Bandung dan sekitarnya. Namun di tengah pandemi seperti saat ini, aktivitas di taman balai Kota Bandung juga dibatasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...