Cegah Infeksi Jamur Hitam, Pemerintah Harus Bisa Kendalikan Covid-19

Rizky Alika
26 Mei 2021, 09:37
jamur hitam, covid19, virus corona, wabah virus corona, infeksi virus corona, pandemi covid-19, varian baru virus corona
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Sejumlah tenaga kesehatan berjalan menuju ruang perawatan pasien COVID-19 di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC), Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Infeksi jamur hitam dan putih tengah melanda di India. Untuk mengantisipasi agar infeksi jamur tersebut tidak sampai Indonesia, pemerintah dinilai harus bisa mengendalikan pandemi Covid-19.

"Antisipasinya kendalikan pandemi saat ini. Kalau tidak, ini jadi banyak masalah lain, infeksi jamur salah satu contohnya," kata Epidemiolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman saat dihubungi Katadata.co.id, Selasa (25/5).

Advertisement

Menurutnya, virus corona bisa menurunkan daya tahan tubuh seseorang. Jika daya tahan tubuh menurun, orang tersebut bisa rentan tertular penyakit lain, seperti jamur hitam (Mucormycosis). Infeksi jamur hitam bisa terjadi pada penderita Covid-19, HIV/AIDS, diabetes, kanker, dan lainnya.

Dia mengatakan infeksi jamur hitam telah muncul sejak abad 17  dan bisa melanda di wilayah mana saja. Sebab, infeksi tersebut timbul di lingkungan yang lembap serta ventilasi yang buruk.

"Ini bukan penyakit menular dari orang ke orang, tapi disebabkan lingkungan. Ini infeksi rawan," ujar dia.

Selain pengendalian pandemi, ia menilai kebersihan lingkungan juga harus diterapkan. Dengan begitu bisa mencegah infeksi tersebut merebak di Tanah Air.

Sementara, pakar epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Laura Navika Yamani mengatakan pemerintah diharapkan tidak hanya fokus pada penanganan pandemi Covid-19.

"Kasus penyakit infeksi lain ini tidak menutup kemungkinan suatu saat akan terjadi wabah selain Covid-19," katanya.

Ia pun berharap, pemerintah bisa meningkatkan pemindaian terhadap pelaku perjalanan yang berasal dari luar negeri. Hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan wabah lainnya.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement