PetroChina-Pertamina Ajukan Penawaran Bersama Kelola Blok Jabung

Image title
2 Juni 2021, 12:26
PetroChina, pertamina, blok jabung, skk migas, blok migas, migas
KATADATA
Blok Jabung

Pemerintah belum memutuskan siapa yang bakal mengelola Blok Migas Jabung yang akan habis masa kontrak pada 2023. Namun kabar terakhir, PetroChina dan Pertamina kembali bergabung untuk mengajukan penawaran pengelolaan secara bersamaan.

Sebelumnya, kedua perusahaan ini saling berebut untuk mengelola blok tersebut. Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman mengatakan saat ini pihaknya masih mengkaji proposal penawaran di Blok Jabung. 

Proses kajian ini sangat penting dilakukan sebelum nantinya diajukan ke Kementerian ESDM. "Terakhir mereka gabung lagi pengajuannya. Masih dalam review kami," kata Fatar kepada Katadata.co.id, Rabu (2/6).

Dalam proses penawaran perpanjangan tersebut, perusahaan yang tergabung dalam pengelolaan Blok Jabung juga tengah mendiskusikan mengenai adanya perubahan komposisi hak partisipasi. Hal ini lantaran, PetroChina dan Petronas berencana menjual sebagian hak partisipasi di blok tersebut.

Petrochina International Jabung Ltd saat ini menjadi operator Blok Jabung dengan hak kelola 27,85%. Selain PetroChina, Pertamina melalui PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Jabung memiliki hak kelola 14,28 %. Pemegang hak kelola lainnya adalah Petronas Carigali sebesar 27,85 % dan PT PP Oil & Gas sebesar 30%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...