Transisi Blok Rokan, Chevron Serahkan Lisensi Aplikasi ke Pertamina

Image title
2 Juni 2021, 14:03
chevron, blok rokan, pertamina, transisi blok rokan, pengelolaan blok rokan, pertamina, migas, aplikasi migas
Agung Samosir|KATADATA
Chevron.

PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) telah sepakat memberikan lisensi penggunaan sebanyak 123 aplikasi teknologi informasi (TI) kepada Pertamina Hulu Rokan (PHR) selaku operator di Blok Rokan. Aplikasi tersebut sangat vital dalam mendukung kegiatan operasi dan produksi migas di blok itu.

Managing Director Chevron IndoAsia Business Unit & Presiden Direktur PT CPI Albert Simanjuntak mengatakan teknologi Informasi dan Data merupakan salah satu komponen utama dalam proses transisi di Blok Rokan. Karena itu, pengalih kelolaannya kepada operator berikutnya harus dilakukan secara cermat dan sistematis.

"Agar operasional Blok Rokan terus berjalan tanpa gangguan teknis ketika alih kelola pada 9 Agustus mendatang," kata Albert dalam keterangan tertulis, Rabu (2/6).

Menurutnya hampir seluruh aplikasi TI yang selama ini digunakan PT CPI akan diberikan lisensi penggunaannya ke PHR. Aplikasi-aplikasi tersebut, antara lain, digunakan untuk pemantauan produksi dan transportasi minyak secara real time, pemantauan kondisi sumur dan aktivitas rig pengeboran, pengaturan injeksi uap lapangan Duri, pengelolaan mitra kerja, pengelolaan pengadaan barang dan jasa, dan lain-lain.

Pada April lalu, PT CPI dan PHR telah menandatangani kesepakatan untuk pengaktifan Rokan Transition Network (RTN). Sebuah jaringan perantara yang digunakan untuk memindahkan aplikasi-aplikasi PT CPI. PHR akan dapat mengakses RTN untuk memasang dan melakukan tes aplikasi komersial.

Menurut Albert perusahaan mendukung penyiapan semua aplikasi yang diberikan lisensi penggunaannya kepada PHR tersebut agar bisa berjalan dengan baik sebelum proses alih kelola Blok Rokan. Sekarang ini sudah lebih dari 80 aplikasi yang selesai dimasukkan ke dalam RTN.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...