21 Nama Bayi Laki-Laki Islami Keren Masa Kini Beserta Artinya

Siti Nur Aeni
8 Juni 2021, 15:37
21 Nama Bayi Laki-Laki Islami Keren Masa Kini Beserta Artinya, nama bayi laki-laki, nama bayi laki-laki islami, nama bayi laki-laki islami keren, nama bayi laki-laki islami masa kini
ANTARA FOTO/REUTERS/Kham/foc/cf
Ilustrasi Bayi Laki-Laki

Nama Bayi Laki-Laki Islam Dalam Alquran Beserta Artinya

Memiliki anak adalah impian setiap pasangan yang sudah menikah. Walaupun ketika sudah mendapatkan buah hati, banyak yang harus dipersiapkan. Dalam menyambut kehadiran biasanya calon orang tua akan sibuk mencari nama untuk buah hatinya.

Nama adalah doa, dan anak adalah anugerah. Makanya menyiapkan nama untuk anak harus dipikirkan dengan matang. Dengan nama yang baik, harapannya anak tersebut akan sebagus namanya. Untuk anda yang mungkin sedang mencari nama bayi laki-laki yang Islami dan kekinian, berikut kami berikan referensinya.

Advertisement

1. Muhammad Abhizar Albirru

List nama bayi laki-laki pertama yang bisa anda pertimbangkan ketika ingin memberikan nama pada putra anak yaitu Muhammad Abhizar Albirru. Muhammad diambil dari nama Rasulullah dengan harapan nantinya anak tersebut memiliki kepribadian seperti baginda Rasulullah. Abhizar memiliki arti yang menyebarkan dan Alibru berarti kebaikan. Sehingga nama tersebut mengandung doa dan harapan nantinya anak tersebut bisa menjadi anak yang senantiasa menyebarkan kebaikan sebagaimana tauladan kita Nabi Muhammad SAW.

2. Ahmad Alzam Amani

Kombinasi nama bayi laki-laki Islami selanjutnya adalah Ahmad Alzam Amani. Ahmad merupakan kata yang diambil dari kata Muhammad. Sementara itu Alzam memiliki arti tekun, dan Amani berarti keinginan atau cita-cita. Harapannya anak tersebut akan menjadi anak yang sholeh, berbudi pekerti luhur seperti Rasulullah dan tekun dalam mengejar cita-citanya.

3. Aydan Atthallah

Nama Islami selanjutnya untuk bayi laki-laki adalah Aydan Atthallah. Aydan memiliki arti pemuda yang penuh semangat. Atthallah berarti hadiah atau karunia Allah. Nama tersebut menjadi bukti rasa syukur orang tua atas kehadiran putra kecilnya sekaligus harapan agar anak tersebut selalu memiliki semangat untuk menjalankan hidupnya.

4. Yusuf Ammar Abqari

Yusuf diambil dari nama Nabi Yusuf yang terkenal dengan rupanya yang tampan dan kesabarannya dalam menghadapi ujian dari Allah. Ammar berarti kuat iman, sedangkan Abqari berarti pintar. Nama tersebut menjadi harapan bagi orang tua kepada anaknya agar kelar putranya bisa memiliki rupa setampan Nabi Yusuf dan memiliki kesabaran yang tinggi serta kuat imannya dan juga pintar.

5. Altamis Abbiyya Abyaz

Nama bayi laki-laki islami keren berikutnya yang dapat anda berikan kepada putra anda adalah Altamis Abbiyya Abyas. Altamis memiliki arti panglima atau pemimpin. Abbiyya berarti tidak takut atau pemberani. Abyaz berarti takwa atau taat. Harapannya melalui nama tersebut nantinya anak laki-laki anda bisa menjadi seorang pemimpin yang pemberani dan taat.

6. Azka Abbiya Dhiaulhaq

Daftar nama untuk bayi laki-laki selanjutnya yaitu Azka Abbiya Dhiaulhaq. Azka dalam bahasa Arab berarti tentara. Abbiyya memiliki arti berani. Dan Dhiaulhaq memiliki arti sinar cahaya. Jika digabungkan maka nama tersebut mengandung arti sekaligus harapan bahwa nantinya anak tersebut bisa menjadi tentara atau pemimpin yang berani dan bercahaya. Harapannya nantinya ana tersebut bisa bersinar dalam karir atau profesinya kelak.

7. Daffin Faaz Ilman

Daffin Faaz Islami mungkin bisa menjadi salah satu daftar nama untuk bayi laki-laki yang dapat anda pertimbangkan. Daffin memiliki arti seorang yang disayangi dan menyayangi. Faaz berarti juara atau sukses. Ilman berarti berilmu. Apabila digabungkan nama tersebut akan memiliki arti seseorang yang disayangi dan menyayangi, sukses, serta berilmu. Harapannya anak laki-laki tersebut dapat disayangi banyak orang dan bisa menyayangi sesamanya, sukses, dan memiliki ilmu pengetahuan yang luas.

8. Akhtar Bilal Chairi

Akhtar memiliki arti bintang. Bilal mengandung makna terpilih. Chairi memiliki arti kebaikan. Sehingga, nama tersebut jika disatukan memiliki makna bintang terpilih yang mebawa kebaikan. Berdasarkan arti nama tersebut, maka orang tua berharap kelak putranya bisa menjadi seseorang terpilih yang  bersinar selayaknya bintang dan membawa kebaikan. Dalam nama tersebut juga terdapat kata Bilal yang merupakan nama seorang sahabat Nabi yang sangat mencintai Beliau. Harapannya anak tersebut juga memiliki sifat dan kepribadian seperti Bilal yang sangat mencintai Rasulullah.

9. Faeyza Gaffi Manaf

Arti nama Faeyza yaitu sukses atau hidupnya terus meningkat. Gaffi berarti memiliki hati yang lembut. Manaf memiliki arti tinggi. Harapannya, kelak anak tersebut dapat menjadi laki-laki yang sukses, berhati lemah lembut, dan tinggi ilmu pengetahuannya, imannya, dan hal-hal baik yang menyertainya.

10. Hanan Haafizh Ma’arif

Hanan berarti kasih sayang atau ketulusan hati. Haafiz memiliki arti yang memelihara. Sedangkan Ma’arid berarti bijaksana. Harapannya dengan memberikan nama tersebut maka, anak laki-laki anda bisa menjadi laki-laki yang penuh kasih sayang dan ketulusan hati, memelihara kebaikan, serta bijaksana dalam mengambil keputusan atau dalam memimpin sesuatu.

11. Muhammad Rafka

Rafka berarti memiliki sifat adil. Sementara kata Muhammad diambil dari nama Rasulullah, dengan harapan anak tersebut akan memiliki sifat sebagaimana Rasulullah. Harapan lainnya agar kelak anak laki-laki tersebut memiliki sifat yang adil. Adil dalam mengambil setiap keputusan yang ada dihadapannya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement