PLN Operasikan Transmisi SUTT dari Pembangkit Panas Bumi di Sumsel

Image title
16 Juni 2021, 11:17
pln, listrik, pltp, pembangkit panas bumi, panas bumi, pasokan listrik di sumatra, listrik sumatra, sutet, sutet sumatra
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Ilustrasi saluran listrik tegangan tinggi PLN

PT PLN mulai mengoperasikan satu line SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) 150 kV (kiloVolt) Rantau Dadap - Lumut Balai pada Sabtu, (12/6). Pengoperasian ini untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik di wilayah Sumatra.

Proyek yang berlokasi di Kecamatan Semende, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, ini membangun 115 tower transmisi. Total bentangan kabel konduktornya sepanjang 78,72 kilometer-sirkuit (kms) dengan total investasi Rp 122 miliar.

Direktur Bisnis Regional Sumatera dan Kalimantan PLN, Wiluyo Kusdwiharto mengatakan SUTT ini akan difungsikan terlebih dahulu sebagai suplai daya sementara. SUTT ini akan mengalirkan listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Rantau Dadap berkapasitas 86 Mega Watt (MW).

PLTP Rantau Dadap saat ini tengah memasuki tahapan Pra Pengujian Pembangkit Panas Bumi. Dengan suplai daya sementara dari SUTT ini, pengujian dapat dilanjutkan sehingga PLTP Rantau Dadap dapat beroperasi pada 2021 untuk menyalurkan daya sebesar 86 MW ke dalam sistem Sumatera sesuai target.

“Proyek ini harus selesai secepatnya agar bisa mendukung pengujian dan evaluasi daya PLTP,” kata Wiluyo dalam keterangan tertulis, Rabu (16/6).

Menurutnya lokasi pembangunan berada di wilayah pegunungan dengan cuaca dingin dan berkabut, serta akses jalan yang minim, dan memiliki kontur jalan berbukit terjal yang ekstrem. Sehingga menuntut kehati-hatian ekstra agar pelaksanaan pekerjaan dapat berlangsung dengan baik dan aman.

"Selain harus melawan cuaca dingin, kami harus tetap bisa menjaga konsentrasi di tengah menurunnya tekanan udara yang ada di sekitar kami dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat," tambah Wiluyo.

Dengan beroperasinya SUTT ini secara langsung memiliki dampak positif dalam meningkatkan daya mampu, memperbaiki keandalan pasokan listrik, serta sejalan dengan komitmen PLN dalam meningkatkan bauran pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT), terutama panas bumi sebagai sumber energi listrik di Sumatera Selatan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...