Tekan Emisi Lewat CCUS, Pertamina Upayakan Kredit Karbon

Image title
17 Juni 2021, 18:06
pertamina, karbon, emisi karbon, migas, teknologi ccus
Arief Kamaludin|KATADATA
Pertamina.

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) berkomitmen mengurangi emisi karbon dioksida (CO2) dari setiap kegiatan produksi migasnya. Salah satunya dengan menerapkan teknologi penangkapan dan penyimpanan karbon (carbon capture, utilization and storage/CCUS).

Direktur Pengembangan dan Produksi PHE Taufik Aditiyawarman mengatakan kontribusi emisi C02 dari hasil kegiatan produksi migas cukup besar. Oleh karena itu, dibutuhkan teknologi CCUS untuk mengurangi emisinya.

Adapun teknologi ini juga nantinya dapat diintegrasikan dengan peningkatan produksi minyak melalui mekanisme Enhanced Oil Recovery (EOR). Untuk mengembangkan teknologi ini, tantangannya berada pada nilai keekonomiannya. Namun, biayanya bisa ditutupi dengan menjual karbon.

"Nah ini lah pentingnya bagaimana kita menangkap CO2 dan memanfaatkannya dalam perut bumi itu. Tapi dari sisi kapitalnya perlu dibantu melalui carbon kredit," ujar Taufik dalam diskusi secara virtual, Kamis (17/6).

Adapun, penerapan CCUS sudah dilakukan uji coba di beberapa lapangan gas perusahaan. Salah satunya lapangan Gundih yang sudah bekerja sama dengan pemerintah Jepang.

Menurut Taufik jika uji CCUS ini berhasil diujicobakan di lapangan tersebut, maka tidak menutup kemungkinan akan diujicobakan di seluruh lapangan gas Pertamina. Jumlah lapangan gas yang saat ini dikelola oleh Pertamina mencapai 50 lapangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...