SKK Migas Targetkan Lapangan Ande-Ande Lumut Berproduksi 2024

Image title
22 Juni 2021, 12:25
migas, blok migas, lapangan ande ande lumut, skk migas AWE, ophir, produksi minyak
Arief Kamaludin | Katadata

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) terus mengupayakan produksi minyak dari lapangan yang saat ini masih mangkrak. Salah satunya yang berasal dari Lapangan Ande-Ande Lumut di Blok Northwest Natuna.

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno memproyeksikan lapangan ini dapat berproduksi dalam tiga tahun ke depan. Hingga kini Lapangan Ande-Ande Lumut belum bisa berproduksi karena pengembangan lapangan minyak ini cukup sulit dan mempunyai jenis minyak mentah berat (heavy crude oil).

Advertisement

"Rencana 2024 atau 2025," kata Julius kepada Katadata.co.id, Selasa (22/6).

Lapangan ini ditemukan pada 2000 lalu, kemudian dilakukan pengeboran sumur pada 2006. Sebelumnya hak partisipasi pengembangan lapangan ini dipegang oleh Ophir, kemudian beralih ke AWE Holding Singapore Ltd pada 2019.

Menurut Julius, AWE selaku operator lapangan tersebut telah menyerahkan revisi PoD (planning of development/rencana pengembangan). Namun dari hasil revisi tersebut, rupanya masih ada beberapa yang perlu diperbaiki.

"Masih menunggu kajian mereka terhadap tambahan dari G-Sands. Sebelumnya POD hanya K-Sands, di mana G-Sands ini adalah upside potential, namun sampai sekarang AWE belum menyampaikan kajiannya," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement