Cari Cadangan Baru, Pertamina Survei Eksplorasi Migas Lewat Udara

Image title
25 Juni 2021, 17:20
pertamina, migas, eksplorasi migas, cadangan migas, cadangan minyak, cadangan gas, bumn, survei migas, survei migas pakai pesawat, pesawat survei migas
Pertamina KATADATA|Donang Wahyu
Pertamina KATADATA|Donang Wahyu

PT Pertamina melakukan inovasi dalam kegiatan hulu migas guna mendukung program pemerintah menuju 1 juta barel per hari pada 2030. Salah satu upayanya yaitu agresif mencari cadangan baru melalui aktivitas eksplorasi lewat udara.

Direktur Eksplorasi PHE Subholding Upstream Pertamina Medy Kurniawan mengatakan PHE berkomitmen melaksanakan berbagai kegiatan yang telah diinisiasi selama 3 tahun berjalan. Ini dilakukan baik di wilayah kerja Jambi Merang maupun di wilayah terbuka.

Pada tahun ini, pelaksanaan KKP Jambi Merang di Wilayah Terbuka di antaranya survei Airborne Full Tensor Gradiometry (FTG) yang akan dilaksanakan melalui survei FTG Cekungan Iwur-Akimeugah dan FTG Cekungan Bintuni-Salawati. Kemudian survei seismik dengan menggunakan vibroseis untuk memetakan potensi sub volcanic play di Pulau Jawa.

"Survei Airborne & Processing FTG di Wilayah Terbuka merupakan yang pertama kali dilakukan oleh Pertamina melalui salah satu anak perusahaan Subholding Upstream", kata Medy.

Keseluruhan survei FTG di daerah frontier ini memiliki panjang lintasan sekitar 54.000 km dengan luas cakupan area kurang lebih 105.000 km2. Survei ini dilakukan dengan menggunakan pesawat Basler BT67 dan Twin Otter.

Meidy mengatakan Komitmen Kerja Pasti (KKP) Jambi Merang di wilayah terbuka merupakan komitmen yang mendukung program pemerintah. Terutama, untuk memperoleh data eksplorasi terbaru sehingga menarik investasi kegiatan eksplorasi di Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...