Jokowi Ajukan 33 Nama Calon Dubes, Ada Ketua Kadin dan Jubir Presiden

Safrezi Fitra
26 Juni 2021, 12:18
jokowi, duta besar, rosan roelani, fadjroel rahman, Terawan Agus Putranto, Rudy Alfonso, Gandi Sulistiyanto Soeherman, Zuhairi Misrawi, Lena Maryana Mukti, Agus Widjojo, Mayjen TNI Gina Yoginda
Youtube/Seretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajukan 33 nama calon Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (Dubes LBBP). Dari nama-nama yang diajukan, terdapat di antaranya perwakilan dari pengusaha, politisi dan pejabat militer.

Jokowi telah mengajukan nama-nama calon duta besar tersebut ke DPR awal Juni 2021. Anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno mengatakan Pimpinan DPR RI telah mengirimkan ke-33 nama calon dubes kepada Komisi I DPR RI untuk dilakukan proses uji kelayakan.

Komisi I akan memproses 33 nama calon duta besar ini pada Juli 2021 untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan. "Pada Juli 2021 akan diproses terhadap ke-33 nama calon dubes tersebut. Pada Masa Persidangan V Tahun Sidang 2020-2021," kata Dave di Jakarta, Jumat (25/6).

Surat Presidennya (Surpres) pun sudah dibacakan dalam Rapat Paripurna DPR pada Selasa 22 Juni 2021.

Dalam Surpres Nomor : R-25/Pres/06/2021, yang salinannya didapat Katadata.co.id, terdapat 33 nama calon duta besar yang merupakan jalur karier dan non-karier. Terdapat 11 orang dari jalur nonkarier, di antaranya Muhammad Najib, Abdul Aziz, dan Muhammad Prakosa.

Dari nama-nama calon nonkarier, ada Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Perkasa Roeslani yang diusulkan menjadi calon Duta Besar RI untuk Amerika Serikat.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...