25 Kumpulan Nama Bayi Perempuan Jawa, Cantik dan Penuh Arti

Nama bayi perempuan Jawa identik dengan nama-nama yang cantik, anggun, dan mampu menggambarkan sosok perempuan jawa yang lemah lembut. Berikut ini beberapa daftar referensinya.
Image title
30 Juni 2021, 16:31
25 Kumpulan Nama Bayi Perempuan Jawa, Cantik dan Penuh Arti
ANTARA FOTO/REUTERS/Handout /pras/cf
Ilustrasi bayi perempuan Jawa

Banyak cara yang bisa dilakukan orang tua menemukan nama yang cocok bagi buah hati. Salah satunya dengan memberikan nama bernuansa Jawa. Untuk Anda yang berdarah Jawa atau keturunan Jawa, tak ada salahnya memberikan nama bayi perempuan Jawa untuk putri kecil anda. 

Nama Bayi Perempuan Cantik Bernuansa Jawa

Nama bayi perempuan dengan nuansa Jawa identik dengan nama-nama yang cantik, anggun, dan mampu menggambarkan sosok perempuan Jawa yang lemah lembut. Nama tersebut bisa juga menjadi doa sekaligus harapan dari orang tua kepada anaknya. Nama-nama dari bahasa Jawa juga sangat beragam dan unik, berikut ini beberapa rangkaian nama bayi perempuan Jawa tiga suku kata yang bisa menjadi inspirasi anda.

1. Adine Ardhiona Arjani

Nama pertama yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari nama bayi dengan nuansa Jawa adalah Adine Ardhiona Arjani. Adine memiliki arti berhati lembut dan menyenangkan. Ardhiona memiliki arti punya jiwa yang teguh, kuat, dan bertanggung jawab. Sedangkan Arjani berarti kegembiraan dan keceriaan. Sehingga arti dari nama tersebut adalah anak perempuan yang berhati lembut, menyenangkan, teguh, kuat, bertanggung jawab, dan ceria. Harapannya, anak perempuan tersebut juga bisa selalu membawa kegembiraan kepada siapa saja yang melihatnya.

2. Gendis Apsarini Adiratna

Nama bayi perempuan Jawa berikutnya yaitu Gendis Apsarini Adiratna. Gendis dalam bahasa Jawa berarti gula atau bisa juga dimaknai anak perempuan yang manis. Apsarini memiliki arti cantik seperti bidadari. Adiratna berarti permata indah, mulia, dan dihormati. Makna dari nama tersebut adalah anak perempuan cantik, manis, indah, mulia, dan terhormat.

3. Asmarini Nindhy Nayaka

Asmarini berarti hebat dan sempurna. Nindhy memiliki arti sempurna. Nayaka berarti pemimpin.  Sehingga Asmarini Nindhy Nayaka berarti anak perempuan yang akan menjadi pemimpin hebat dan sempurna.

4. Ariani Elok Maharani

Nama bayi perempuan Jawa berikutnya yaitu Ariani Elok Maharani. Ariani memiliki arti berhati muda. Elok berarti cantik, menarik, dan menyenangkan. Maharani berarti permaisuri atau bisa juga dimaknai sebagai perempuan cantik, penurut, dan bijaksana. Maka makna dari nama tersebut adalah anak perempuan muda, cantik, menarik, menyenangkan, penurut, dan juga bijaksana.

5. Manika Lika Pertiwi

Manika berarti batu permata. Lika berarti anak perempuan yang penuh dengan kasih sayang, penuh kehangatan, dan cinta. Pertiwi memiliki arti bumi. Sehingga nama bayi perempuan penuh makna tersebut adalah anak perempuan yang cantik, penuh kasih sayang, kehangatan, cinta, dan rendah hati.

6. Rumi Resyakila Santika

Rumi memiliki arti daya tarik atau menarik. Resyakila berarti memiliki semangat patriotik. Dan Santika berarti yang mendamaikan. Sehingga makna nama bayi perempuan tersebut adalah anak perempuan cantik dan menarik yang memiliki semangat patriotik serta mampu membawa kedamaian.

7. Tyas Arisanti Rahmi

Tyas memiliki arti hati atau kalbu. Arisanti berarti lemah lembut atau anggun. Dan Rahmi memiliki arti penyangan. Maka dari itu, arti dari nama tersebut adalah anak perempuan yang berhati lemah lembut, anggun dan penyayang. Harapannya, anak tersebut nantinya bisa bisan menjadi anak perempuan lemah lembut dan penyayang kepada keluarga, teman-teman, dan sesamanya.

8. Ajeng Arista Mahda

Nama bayi perempuan cantik selanjutnya yaitu Ajeng Arista Mahda. Ajeng memiliki arti cantik. Arista berarti pandai, lemah lembut, dan juga anggun. Mahda berarti kegembiraan. Sehingga makna dari nama tersebut adalah anak perempuan cantik, pandai, lemah lembut, dan anggun yang membawa kegembiraan.

9. Ayu Wulan Paradista

Ayu dalam bahasa Jawa berarti perempuan yang berparas cantik. Wulan berarti bulan. Paradista berarti berdiri dengan mantap atau penuh dengan keyakinan. Sehingga Ayu Wulan Paradista bermakna perempuan berparas cantik yang penuh keyakinan dan memiliki hidup yang terang seperti bulan di malam hari.

10. Lintang Santika Ranti

Nama bayi perempuan selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah Lintang Santika Ranti. Lintang berarti bintang. Santika berarti yang mampu mendamaikan atau membawa kedamaian dan Ranti berarti rangkaian bunga yang bisa dimaknai sesuatu yang indah dan harum. Maka makna dari nama tersebut adalah anak perempuan yang cantik seperti bintang, indah, dan harus yang mampu membawa kedamaian.

11. Wanda Ayu Wasesa

Wanda berarti ciri atau karakter. Ayu berarti anak perempuan yang cantik. Wasesa memiliki arti wewenang. Sehingga nama tersebut memiliki makna anak perempuan cantik dengan karakter yang kuat dan mampu memberi wewenang. Harapannya, anak tersebut nantinya bisa menjadi pemimpin yang disegani dan bijaksana dalam memberikan wewenang.

12. Anindya Larasari Utami

Anindya memiliki arti sempurna atau perempuan sempurna. Larasari adalah tokoh wanita di cerita wayang Jawa yang menggambarkan sosok perempuan setia, patuh, dan berbakti. Utami dapat diartikan sebagai anak perempuan pertama. Sehingga makna nama bayi perempuan Jawa tersebut adalah anak perempuan pertama yang sempurna, setia, patuh, dan berbakti. Nama ini sangat cocok disematkan pada putri pertama di keluarga anda.

13. Isyana Putriya Anjani

Nama bayi perempuan berikutnya yaitu Isyana Putirya Anjani. Isyana merupakan nama sebuah dinasti di Jawa Timur. Nama ini cocok untuk menggambarkan sosok perempuan yang tangguh dan berani. Purtiya diambil dari kata Putri yang artinya perempuan. Sedangkan Anjani berarti yang memiliki sidat tekun. Selain itu, Anjani juga merupakan tokoh pewayangan yang memiliki paras cantik.

Sehingga makna dari nama Isyana Putirya Anjani adalah perempuan cantik, tangguh dan berani. Melalui nama ini juga tersirat harapan nantinya anak perempuan tersebut bisa menjadi seorang pemimpin yang tangguh, berani, dan arif bijaksana.

14. Maheswari Ranti Kenes

Maheswari bisa dairtikan bidadari. Ranti merupakan rangkaian bunga dan Kenes berarti anak perempuan yang lincah dan menawan. Sehingga Maheswari Ranti Kenes berarti anak perempuan yang cantik seperti bidadari, wangi seperti rangkaian bunga yang lincah dan menawan.

15. Dewi Sekar Kirana

Dewi bisa diartikan sebagai perempuan yang cantik dan bijaksana. Sekar merupakan gelar bangsawan yang biasa disematkan pada anak perempuan dan menjadi simbol anak perempuan yang dihormati. Selain itu, Sekar juga bisa berarti bunga. Kirana memiliki arti anak perempuan yang berhati lembut. Maka makna dari nama tersebut adalah anak perempuan cantik, bijaksana, lemah lembut, dihormati, dan indah seperti bunga.

16. Mentari Anindita Ayunda

Mentari memiliki arti matahari atau secerah matahari. Anindita berarti anak perempuan sempurna dan Ayunda berarti anak yang cantik. Sehingga makna dari nama tersebut adalah anak perempuan cantik dan sempurna yang hidupnya secerah sinar matahari.

17. Chitra Arum Cakrawati

Nama bayi perempuan Jawa selanjutnya yaitu Chitra Arum Cakrawati. Chitra berarti periang. Arum berarti harum dan Cakrawati berarti anak perempuan yang mencintai lingkungan. Maka arti dari nama tersebut tersebut adalah anak perempuan periang, harum, dan mencintai lingkungan.

18. Mawar Dian Lestari

Mawar merupakan bunga mawar, yang menggambarkan keindahan dan cocok untuk nama anak perempuan. Dian berarti pelita atau penerang hari bagi orang tuanya. Lestari berarti sesuatu yang keindahannya terjaga dengan baik. Maka nama bayi perempuan Jawa ini yaitu anak perempuan yang indah, terjaga, dan menjadi pelita serta penerang hati orang tua.

19. Darapuspita Ditya Hapsari

Darapuspita memiliki arti perempuan cantik seperti bunga. Ditya berarti anak perempuan yang memiliki kelebihan. Dan Hapsari memiliki arti perhiasan yang cantik. Rangkaian kata tersebut jika disatukan akan membentuk nama anak perempuan cantik seperti bunga yang diberi banyak kelebihan. Harapannya, anak perempuan tersebut dapat menjadi anak yang pandai dan bisa melakukan apa saja.

20. Intan Kahiyang Ayunda

Intan berarti perhiasan yang cantik dan indah. Kahiyang berarti syurga. Dan Ayunda memiliki arti anak perempuan yang cantik. Sehingga makna dari nama bayi perempuan tersebut adalah anak perempuan cantik, indah, dan menjadi anugerah dari syurga.

21. Kayshila Kencana Dewi

Kayshila memiliki arti anak perempuan yang menjaga kesuciannya. Kencana berarti perempuan yang elok dan berharga seperti emas. Dan Dewi memiliki arti perempuan yang berparas cantik. Arti nama bayi tersebut adalah anak perempuan cantik, berharga, dan pandai menjaga kesuciannya.

22. Kinasih Putri Kumalasari

Rekomendasi nama bayi perempuan Jasa selanjutnya yaitu Kinasih Putri Kumalasari yang berarti anak perempuan yang cantik, indah, yang menjadi kecintaan orang tuanya. Kinasih sendiri memiliki arti kekasih tercinta. Putri berarti anak perempuan. Dan Kumalasari memiliki arti perempuan yang indah seperti permata.

23. Mega Manah Martana

Mega memiliki arti awan di langit. Manah berarti hati dan Martana memiliki arti hidup. Maka makna nama tersebut adalah anak perempuan yang hidup dengan hati yang lembut dan meneduhkan seperti awan di langit. Harapannya, bisa menjadi anak perempuan yang bisa menggapai cita-cita setinggi awan di langit.

24. Mustika Nara Cantika

Mustika Nara Cantika dapat menjadi salah satu pilihan nama untuk putri kesayangan anda. Nama bayi perempuan tersebut memiliki arti anak perempuan cantik dan berharga serta menjadi manusia yang berguna bagi sesamanya. Mustika memiliki arti batu permata, sangat cocok untuk menggambarkan anak perempuan yang paling berharga. Nara berarti manusia dan Cantika berarti perempuan yang cantik.

25. Padma Pramudita Syakia

Nama bayi perempuan Jawa selanjutnya yaitu Padma Pramudita Syakia yang artinya anak perempuan cantik dan cerdas yang membawa kebahagiaan. Padma memiliki arti bunga yang bisa dimaknai sebagai sesuatu yang cantik. Pramudita merupakan anak perempuan yang cerdas dan Syakia berarti kebahagiaan. Nama tersebut menjadi bentuk rasa syukur dan rasa bahagia orang tua yang telah dikaruniai anak perempuan cantik. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait