Kasus Covid-19 Meningkat, Jepang Akan Perpanjang Pembatasan

Cahya Puteri Abdi Rabbi
2 Juli 2021, 12:53
jepang, covid, covid-19, olimpiade jepang, pembatasan, ppkm jepang, jepang kembali lockdown, olimpiade 2021
ANTARA FOTO/REUTERS/Carl Court/Pool /hp/cf
Seorang perempuan tiba untuk menerima vaksin penyakit virus korona (COVID-19) Moderna di pusat vaksinasi masal yang baru dibuka di Tokyo, Jepang, Senin (24/5/2021).

Jepang kemungkinan akan memperpanjang langkah-langkah pembatasan masyarakat demi mencegah penularan Covid-19 di wilayah Tokyo yang lebih luas, setidaknya dalam dua pekan. Empat sumber pemerintah Jepang mengatakan pada Kamis 1 Juli 2021 ketika jumlah infeksi virus corona meningkat kurang dari sebulan sebelum Olimpiade dimulai.

Melansir Reuters, ibu kota Jepang dan tiga prefektur tetangga dan sejumlah daerah-daerah berada di bawah keadaan ‘darurat semu’ hingga 11 Juli. Namun, meningkatnya kasus Covid-19 baru-baru ini membuat para pejabat cenderung mempertahankan pembatasan.

Langkah perpanjangan pembatasan ini dinilai dapat mempengaruhi jumlah penonton yang diperbolehkan masuk ke lokasi pertandingan olimpiade. “Upaya pemerintah untuk dapat memulihkan keadaan darurat penuh untuk Tokyo, bergantung pada tingkat kesiapan sistem medis,” kata sumber tersebut dikutip dari Reuters pada Jumat (2/7).

Keputusan akhir untuk memperpanjang pembatasan diperkirakan akan diambil pada 8 Juli mendatang. Jadwal yang bertepatan dengan rencana kedatangan Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach ke Jepang.

Gelaran pertandingan olah raga dunia, Olimpiade, rencananya akan dimulai pada 23 Juli. Namun, hingga kini banyak orang di Jepang yang tetap menentang mengadakan acara tersebut. Para ahli medis telah memperingatkan acara ini dapat melepaskan gelombang infeksi lain di Jepang.

Meski begitu, Jepang tercatat tidak masuk dalam 10 besar negara dengan jumlah kasus Covid-19 tertinggi di dunia. Ini terlihat dalam Databoks berikut:

Olimpiade Digelar Tanpa Penonton

Perdana Menteri Jepang mengatakan ada kemungkinan Olimpiade Tokyo akan diselenggarakan tanpa penonton. Pernyataan ini muncul setelah Samoa menarik mundur tim angkat besinya dari acara olahraga global tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...