Produk Makanan Olahan Bakal Diburu Selama PPKM Darurat

Cahya Puteri Abdi Rabbi
6 Juli 2021, 14:03
ppkm, ppkm darurat, makanan, makanan olahan, makanan dan minuman, pandemi covid, covid, covid-19.
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/aww.
Produk makanan dan minuman.

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat bakal membuat sejumlah industri terpukul karena operasionalnya dibatasi. Namun, Pelaku usaha industri makanan dan minuman memperkirakan permintaan sejumlah jenis produk makanan dan minuman mengalami pertumbuhan selama masa PPKM darurat.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Adhi S. Lukman mengatakan jenis produk yang berpeluang naik permintaannya mencakup produk pangan pokok dan produk olahan bernutrisi seperti produk susu.

“Berkaca pada tahun lalu pada saat pembatasan mobilitas, permintaan produk susu naik tinggi sekali. Untuk investasi bahkan naik 24% dan di kuartal I tahun ini investasi pangan naik 224% ditunjang dari industri pengolahan susu,” kata Adhi kepada Katadata.co.id, Selasa (6/7).

Selain produk susu, ia juga memperkirakan permintaan produk yang menunjang aktivitas memasak di rumah akan mengalami peningkatan permintaan, di antaranya produk bumbu, tepung, dan makanan beku.

“Biasanya produk-produk tersebut juga akan naik permintaannya, karena masyarakat beraktivitas lebih banyak di rumah, jadi banyak yang cari bahan untuk buat kue di rumah, dan lainnya,” kata dia.

Sementara itu, untuk jenis produk yang berpeluang mengalami penurunan permintaan di antaranya, mencakup produk indulgent (memanjakan) seperti es krim, cokelat dan produk minuman instan. Penurunan diakibatkan berkurangnya kegiatan berkumpul di luar rumah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...