Perusahaan AS, Cargill Tambah Investasi Rp 5 Triliun di RI Hingga 2023

Safrezi Fitra
15 Juli 2021, 10:43
cargill, investasi, pertanian, investasi pertanian, cargill bangun pabrik jagung, cargill bangun kilang minyak sawit, kilang minyak sawit, pangan, amerika serikat, as
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/hp.

Perusahaan pertanian dan pangan asal Amerika Serikat, Cargill, berencana menambah investasinya di Indonesia. Nilai penambahan investasinya mencapai US$ 350 juta atau sekitar Rp 5 triliun dalam dua sampai tiga tahun ke depan.

Rencana ekspansi Cargill ini diungkapkan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia di sela kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat. Bahlil melakukan pertemuan dengan Ambassador David Nelson selaku perwakilan dari Cargill pada Senin pagi (12/7) di Washington DC, AS.

Advertisement

Dalam pertemuan tersebut, Bahlil mengatakan Indonesia telah memasuki babak baru dengan melakukan perubahan fundamental. Setelah pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK) yang merupakan gabungan dari 79 Undang-Undang, Pemerintah Indonesia mengimplementasikannya secara bertahap agar iklim investasi semakin kondusif.

BKPM juga sudah menjadi Kementerian dan mendapat kewenangan penuh untuk menerbitkan perizinan berusaha secara terpusat. Hal ini dalam rangka memberikan kepastian, kemudahan, efisiensi, dan transparansi.

"Tim Kementerian Investasi siap membantu merealisasikan rencana investasi Cargill selanjutnya," kata Bahlil dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (15/7).

Sementara Ambassador David Nelson selaku perwakilan dari Cargill memaparkan prospek diversifikasi investasi Cargill di Indonesia. Indonesia, sebagai negara dengan populasi terbesar keempat di dunia, menurut David, masih merupakan tujuan investasi yang sangat atraktif.

Cargill telah berada di Indonesia sejak tahun 1974 dan kini berencana menambah kembali investasinya senilai US$ 350 juta. David merinci rencana investasi tersebut di antaranya untuk perluasan usaha senilai US$ 50 juta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement