Pemerintah Tambah 2.000 Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19 di Jakarta

Cahya Puteri Abdi Rabbi
16 Juli 2021, 18:08
covid, covid-19, tempat tidur rumah sakit, kapasitas rumah sakit, pasien covid, rumah sakit jakarta, kapasitas tempat tidur rumah sakit jakarta, pasien covid-19 jakarta
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Suasana antrean pasien Covid-19 yang menunggu di pelataran untuk mendapatkan tempat tidur perawatan di IGD RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu, (23/6/2021). Sejak awal bulan Juni 2021 atau setelah libur lebaran hingga saat ini lonjakan pasien positif Covid-19 terus terjadi sehingga rumah sakit kewalahan dan kehabisan tempat perawatan.

Pemerintah memberikan tambahan 2.000 tempat tidur untuk penanganan Covid-19 di DKI Jakarta. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan tempat tidur tambahan ini untuk pasien bergejala sedang yang tersebar di beberapa daerah di Jakarta.

Dia merinci ada 1.000 tempat tidur tambahan di Wisma Haji Pondok Gede, Jakarta, yang terdiri dari 900 tempat tidur biasa dan 100 tempat tidur di ruang intensive care unit (ICU). Selain itu, 300-500 tempat tidur tambahan di Rumah Sakit Pusat Pertamina dan 300 tempat tidur tambahan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

“Jadi total ada persediaan hampir 2.000 tempat tidur tambahan yang sedang dipersiapkan untuk pasien kategori sedang,” kata Budi dalam konferensi pers virtual, Jumat (16/7).

Budi mengatakan, pihaknya juga sudah bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah mengunjungi Bandung, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Untuk mengidentifikasikan beberapa tempat yang dapat dibangun rumah sakit lapangan. Sehingga dapat memberikan tambahan tempat tidur jika diperlukan.

“Kami sudah mengidentifikasi beberapa tempat untuk pembangunan rumah sakit lapangan yang memberikan tambahan tempat tidur kalau memang diperlukan. Tim terus berjalan ke Surabaya untuk mengidentifikasi potensi kalau diperlukan adanya tambahan tempat tidur,” kata dia.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...