Dirut Pelindo II Ungkap Sulitnya Merger BUMN Pelabuhan dan Tahapannya

Safrezi Fitra
17 Juli 2021, 20:02
pelindo, merger pelindo, bumn pelabuhan, pelabuhan,
ANTARA FOTO/Jojon/hp.
Pelindo

Rencana konsolidasi (merger) BUMN pengelola pelabuhan (Pelindo) ditargetkan bakal terealisasi tahun ini. Merger empat Pelindo ini sebenarnys sudah direncanakan sejak lama, tapi hingga kini belum terlaksana.

Direktur Utama PT Pelindo II Arif Suhartono menyatakan merger ini ditargetkan dapat dilakukan pada akhir kuartal III tahun ini. Sedangkan salah satu sebab merger tersebut belum terlaksana hingga kini adalah faktor keekonomian.

Advertisement

“Bicara merger, kita bicara konsolidasi, bicara integrasi. Ini sebenarnya sudah bicara 10-15 tahun yang lalu. Semoga di era pemerintahan saat ini bisa terlaksana.” kata Arif dalam webinar virtual ,Sabtu (17/7).

Indonesia memiliki empat perusahaan pengelola pelabuhan peti kemas domestik di setiap area yang meliputi pelabuhan Pelindo I, II, III, IV. Untuk bisa melakukan merger, masing-masing pelabuhan harus memberikan performa yang stabil, bahkan tinggi.

“Apabila satu titik tidak menunjukkan performa yang stabil, maka schedule (jadwalnya) akan berantakan. Pada akhirnya biaya logistik lebih tinggi.” kata Arif.

Dalam merger ini, Pelindo akan dibuat menjadi satu. Dengan begitu, pelayanan yang diberikan oleh ke semua terminal satu dengan yang lain diharapkan bisa sama. Ujungnya, bisa memberikan dampak positif pada sisi lainnya termasuk ongkos logistik.

“Apabila performa suatu pelabuhan ini tidak optimal, akan berdampak juga kepada inventori dan transportasi darat,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement