3 Rekomendasi Film Terbaik tentang Olimpiade

Image title
23 Juli 2021, 12:24
Rekomendasi Film Terbaik tentang Olimpiade
ANTARA FOTO/REUTERS/Simon Bruty for OIS/IOC
Pemain ski asal Amerika Serikat Daniel Gillis berkompetisi dalam kategori Alpine Skiing Men's Giant Slalom Olimpiade Pemuda Musim Dingin 2020 di Les Diablerets Alpine Centre, Les Diablerets, Swiss, Senin (13/1/2020).

Ajang Olimpiade Tokyo 2020 akan segera dimulai. Para penggemar olahraga di seluruh dunia menantikan tim dan atlet favorit mereka untuk berkompetisi dan berharap membawa pulang medali emas. Walaupun pandemi masih berlangsung, semangat para atlet dan pendukungnya terus berkobar.

Meskipun Olimpiade tahun ini tidak bisa ditonton secara langsung, para warga dunia dapat turut mendukung atlet favoritnya melalui siaran langsung. Sebagai penambah semangat, menonton film tentang Olimpiade dapat menjadi aktivitas pilihan.

Advertisement

Kisah inspiratif para atlet melalui perjuangan dan kerja keras mereka dapat turut disaksikan melalui film dan menjadi inspirasi. Berikut ini rekomendasi film terbaik tentang Olimpiade yang dapat ditonton.

1. I, Tonya

Film ini berdasarkan pada kisah nyata atlet Tonya Harding dan wawancara dari orang-orang sekitarnya. Berkisah pada 1970-an di Portland, Oregon, seorang gadis bernama Tonya Harding tinggal di daerah kumuh bersama ibunya yang merupakan seorang pecandu alkohol. Tonya adalah seorang figure skater (pemain skat indah) yang berbakat. Namun, dengan kondisinya yang dinilai kurang baik, dia ditolak karena tidak memiliki keanggunan dan gaya hidup seorang pemain skat indah.

Rintangan tersebut bukan halangan bagi Tonya. Dengan bantuan pelatihnya, Diana Rawlinson, Tonya terus berusaha untuk menjadi pemain skat indah yang terkenal. Tonya menjadi juara nasional, peraih medali dunia, anggota tim Olimpiade AS, dan mencetak sejarah dengan menjadi wanita Amerika pertama yang melakukan triple axel dalam kompetisi, sebuah gerakan yang sangat sulit.

Namun, Lavona, ibu Tonya, masih berperilaku sangat kasar dan merendahkan Tonya meskipun dia sukses. Pada usia 15 tahun, Tonya bertemu Jeff Gillooly dan jatuh cinta. Empat tahun kemudian, mereka menikah tetapi Jeff berubah menjadi kasar. Tonya mulai mengajukan perintah penahanan sampai akhirnya dia menceraikannya.

Pada tahun 1994, dunia Tonya hancur ketika mantan suaminya bersekongkol untuk melukai Nancy Kerrigan, rekan atlet sekaligus pesaing Tonya dalam Olimpiade. Dalam serangan brutal yang membuat Nancy luka berat hingga harus mundur dari kejuaraan nasional. Tonya menjadi tersangka dan dilarang untuk mengikuti kompetisi apapun.

Film ini menunjukkan kehidupan dan perjuangan seorang atlet yang terlibat dalam salah satu skandal paling terkenal dalam sejarah olahraga. I, Tonya disutradarai Craig Gillespie dan mendapatkan 45 penghargaan, termasuk satu Piala Oscar untuk Penampilan Terbaik oleh Aktris dalam Peran Pendukung.

2. Eddie the Eagle

Terinspirasi oleh peristiwa nyata, Eddie the Eagle adalah kisah inspiratif tentang Michael Edwards atau biasa disapa Eddie, seorang pemain ski dari Inggris yang tidak atletis dan menderita rabun jauh. Pada tahun 1987, Eddie yang saat itu berusia 22 tahun, telah belajar ski secara otodidak dan berencana mengikuti Olimpiade. Namun, Komite Olimpiade Inggris menyatakan bahwa Eddie tidak memiliki kualifikasi untuk mewakili Inggris dalam ajang Olimpiade tahun 1988.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement