9 Manfaat Bawang Putih untuk Pria

Image title
23 Juli 2021, 11:18
Bawang putih memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi pria. Berikut penjelasan manfaat bawang putih untuk pria.
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Pedagang menunjukan bawang putih yang dijualnya di Pasar Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/2/2020). Menurut pedagang harga bawang putih naik mencapai Rp70.000 per kg yang harga normalnya hanya Rp30.000 per kg, menurunnya pasokan impor dari China membuat harga bumbu dapur tersebut melonjak tajam.

Bawang putih biasanya digunakan untuk menambah rasa pada makanan. Namun, siapa sangka ternyata bawang putih juga dapat digunakan sebagai pengobatan tradisional sejak zaman kuno. Ada banyak manfaat bawang putih yang efektif untuk pria, karena bawang putih memiliki unsur farmakologis yang disebut allicin. Allicin mengandung sifat antibakteri, antivirus, antijamur, dan antioksidan yang berdampak besar pada tubuh pria.

Bawang putih juga kaya berbagai jenis vitamin dan nutrisi. meliputi mangan-kalsium, tembaga, selenium dan bahan penting lainnya bersama dengan vitamin B1, B6, dan C. Maka dari itu, para pria sangat disarankan untuk mengonsumsi bawang putih mentah sehingga dapat merasakan manfaatnya.

Apa saja manfaat bawang putih untuk pria? Simak penjelasan berikut ini.

1. Meningkatkan kesuburan

Manfaat bawang putih untuk pria salah satunya adalah meningkatkan kesuburan. Bawang putih mengandung allicin, senyawa yang diduga dapat meningkatkan aliran darah ke organ seksual. Beberapa ahli percaya bawang putih adalah afrodisiak (istilah untuk berbagai jenis makanan, minuman, ramuan, atau obat yang dipercaya dapat meningkatkan birahi) yang sangat kuat. Tetapi efeknya tidak bekerja dalam semalam, perlu konsumsi bawang putih secara rutin. Penting untuk meminum kapsul atau makan bawang putih setiap hari selama sekitar satu bulan untuk merasakan manfaatnya.

2. Mengatasi impotensi

Bawang putih dikenal untuk meningkatkan potensi pada pria. Ini mengandung vitamin dan nutrisi lain dalam jumlah besar, yang penting untuk sistem kardiovaskular yang sehat. Allicin juga memastikan jumlah sperma dalam tubuh pria tetap sehat. Untuk mencapai hasil yang optimal, bawang putih harus dikonsumsi mentah, tetapi juga dapat dimasukkan ke dalam makanan seperti sup bawang putih panggang, udang bumbu bawang putih atau roti bawang putih.

3. Menjaga kesehatan prostat

Seiring bertambahnya usia, penurunan kesehatan prostat pada pria menyebabkan banyak masalah. Namun manfaat bawang merah dan bawang putih untuk pria juga untuk kesehatan prostat. Mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah yang wajar dapat mengurangi risiko hiperplasia. Satu studi menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi bawang putih secara rutin memiliki 28% risiko lebih rendah untuk terkena benign prostatic hyperplasia (BPH). BPH adalah kondisi kelenjar prostat pria membesar, tetapi bukan karena kanker. Dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin, pria dapat menjaga kesehatan prostat serta mengurangi risiko terkena BPH.

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat bawang putih yang paling signifikan adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin A, Vitamin B dan Selenium yang ada di dalamnya menjauhkan manusia dari penyakit. Jika Anda harus menjauhi penyakit, maka mulailah makan bawang putih. Penggunaan bawang putih memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memperkuat tubuh kita untuk melawan penyakit apa pun. Jika Anda mengonsumsi bawang putih setiap hari, daya kekebalan Anda akan meningkat secara signifikan sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...