21 Nama Bayi Perempuan Sunda Tiga Kata Penuh Makna

Apakah anda sedang menanti kelahiran buah hati? Mungkin 21 nama bayi perempuan sunda berikut ini bisa menjadi inspirasi bagi anda. Simak uraian lengkapnya berikut ini.
Image title
27 Juli 2021, 18:53
21 Nama Bayi Perempuan Sunda Tiga Kata Penuh Makna
orami.co.id
Ilustrasi bayi perempuan

Nama bayi perempuan Sunda banyak dicari para orang tua yang akan memberikan nama untuk putri kecilnya. Nama memang menjadi hal yang cukup menyita waktu untuk dipersiapkan. Memberikan nama kepada buah hati tidak boleh asal. Nama yang diberikan harus memiliki arti yang baik agar bisa menjadi doa terbaik untuk anak tersebut.

Bagi anda yang kebetulan orang Sunda atau keturunan Sunda, mungkin bisa menyematkan nama bayi dengan nuansa Sunda untuk putri kecil anda. Ada beberapa referensi nama untuk bayi perempuan yang memiliki nuansa Sunda.

Nama Bayi Untuk Perempuan Sunda Terinspirasi dari Putri Kerajaan

Nama bayi perempuan Sunda berikut ini terinspirasi dari nama para putri kerajaan. Nama-nama putri kerajaan tersebut bukan hanya indah dan unik, namun memiliki arti dan makna yang bagus. Maka dari itu, nama dari putri kerjaan ini bisa anda sematkan di nama bayi perempuan Anda. Berikut daftar nama-namanya:

1. Dian Prameswari Tribuwana

Nama bayi perempuan pertama ini terinspirasi dari putri pertama Raja Kertanegara dari kerajaan Singhasari. Prameswari Tribuwana merupakan sosok seorang putri yang terkenal dengan putri yang sempurna baik rupa maupun kepribadian. Sementara kata Dian memiliki arti cahaya. Sehingga makna dari nama tersebut adalah anak perempuan yang bercahaya dan sempurna.

Advertisement

2. Prameswari Mahadewi Kartika

Nama bayi perempuan Sunda dan artinya berikutnya yang kami rekomendasikan yaitu Prameswari Mahadewi Kartika. Nama ini diambil dari putri kedua Raja Kertanegara yang terkenal dengan parasnya yang cantik. Sedangkan Kartika memiliki arti bintang. Maka makna dari nama ini yaitu anak perempuan yang cantik dan bersinar seperti bintang.

3. Mawardhani Tribhuwana Tunggadewi

Mawardhani memiliki arti bunga mawar yang menjadi lambang kecantikan dan kekuatan seorang perempuan dalam menjaga kehormatannya. Sedangkan Tribhuwana Tunggadewi diambil dari nama raja perempuan pertama di Majapahit. Tribhuwana Tunggadewi Jayawisnuwardhani menjadi raja perempuan pertama di kerajaan besar tersebut, dan menjadi sosok tauladan untuk perempuan pada masanya serta menjadi inspirasi perempuan masa kini.

Sehingga nama Mawardhani Tribhuwana Tunggadewi memiliki makna seorang perempuan yang  cantik, kuat, suci karena bisa menjaga kehormatannya, dan akan menjadi sosok pemimpin yang disegani banyak orang.

4. Dahlia Dewi Gayatri

Nama bayi perempuan Sunda berikutnya yaitu Dahlia Dewi Gayatri. Dahlia merupakan nama bunga yang terkenal indah dan banyak yang menyukai. Dewi merupakan nama untuk anak perempuan. Dewi juga bisa dimaknai sebagai sosok pemimpin perempuan atau sosok perempuan yang memiliki kekuasaan. Sementara Gayatri merupakan nama dari putri bungsu Raja Kertanegara. Makna nama bayi ini yaitu anak perempuan yang cantik, kuat, bijaksana, dan disegani atau dihormati,

5. Dyah Wijayakumara Febriyanti

Nama selanjutnya merupakan kombinasi antara nama sosok pemimpin kerajaan dan bulan kelahiran anak tersebut. Dyah Wijayakumara merupakan nama dari seorang pemimpin di kerajaan daerah Kahuripan. Sedangkan Febriyanti berarti anak perempuan yang lahir di bulan Februari. Dari nama ini terselip sebuah doa dan harapan agar kelak anak yang lahir di bulan Februari itu bisa tumbuh dengan baik dan bisa menjadi sosok pemimpin perempuan yang arif dan bijaksana.

6. Dewi Suhita Aprilianti

Masih mengandung unsur nama seorang putri kerajaan dan juga bulan kelahiran. Dewi Suhita Aprilianti bisa menjadi pilihan nama bayi perempuan Sunda untuk putri kesayangan anda. Dewi Suhita merupakan anak kedua Raja Wikramawardhana sedangkan Aprilianti berarti anak perempuan yang lahir di bulan April. Maka nama tersebut bisa dimaknai sebagai anak perempuan yang lahir di bulan April dan menjadi putri yang berharga seperti putri raja.

7. Citraloka Dyah Sureswari

Citraloka berarti catatan sejarah dan nama Dewi Sureswari merupakan pemimpin kerjaraan Pajang. Maka makna dari nama bayi perempuan ini yaitu perempuan yang berharga seperti sejarah dan akan menjadi seorang pemimpin yang dihormati, adil, dan bijaksana.

8. Asih Dyah Suragharini

Asih Dyah Suragharini memiliki makna pemimpin perempuan yang penyayang. Makna dari nama bayi perempuan Sunda tersebut diambil dari kata Asih yang berarti penyayang dan Dyah Suragharini yang merupakan pemimpin kerajaraan Tanjungpura. Harapannya kelak anak perempuan tersebut bisa menjadi perempuan yang berani untuk memimpin dan berani menegakkan keadilan tanpa meninggalkan rasa kaya kasih sayang kepada sesama.

9. Cantika Prameswari Mahadewi

Inspirasi nama bayi perempuan Sunda selanjutnya yaitu Cantika Prameswari Mahadewi. Cantika berarti anak perempuan yang cantik. Prameswari Mahadewi merupakan putri kedua dari raja Kertanegara yang canrik. Nama tersebut menggambarkan sosok perempuan cantik yang menjadi kesayangan orang tua dan keluarga.

10. Kania Isyana Tunggawijaya

Nama Kania Isyana Tunggawijaya bisa menjadi referensi nama untuk bayi perempuan anda. Kania memiliki arti perempuan. Isyana Tunggawijaya merupakan putri dari raja Mataram kuno dan menjadi pemimpin setelah menggantikan ayahnya. Nama ini memiliki makna seorang perempuan yang menjadi kesayangan orang tua dan sekaligus perempuan kuat yang memiliki jiwa kepemimpinan.

11. Kencana Putri Kaniraras

Nama bayi perempuan selanjutnya yaitu Kencana Putri Kaniraras. Kencana memiliki arti emas yang megah atau mewah. Putri Kaniraras merupakan putri dari Prabu Brawijaya. Maka makna dari nama ini adalah anak perempuan yang berharga seperti emas dan dihormati seperti seorang putri raja.

12. Meida Dewi Manik

Nama selanjutnya yang juga bisa anda berikan untuk putri kecil kesayangan anda yaitu Meida Dewi Manik. Meida memiliki arti anak perempuan yang lahir pada bulan Mei, sehingga nama ini memang dikhususkan untuk anak yang lahir di bulan Mei. Sedangkan Dewi Manik merupakan putri dari Raja Brawijaya. Maka makna dari nama tersebut yaitu anak perempuan berharga seperti putri raja yang lahir pada bulan Mei.

Nama Bayi Perempuan Sunda Islami

Selain menggunakan nama putri kerajaan, anda juga bisa memilih nama bayi perempuan Sunda dengan nuansa Islami. Selain memiliki pelafalan yang bagus, arti dari nama Islami juga tak kalah indah dan penuh doa. Berikut ini beberapa daftar nama bayi perempuan Sunda Islami khusus untuk anda:

1. Aisyah Kanaya Mawardhanty

Nama bayi perempuan Sunda dengan nuansa Islami yang pertama yaitu Aisyah Kanaya Mawardhanty. Aisyah merupakan sosok perempuan muslim yang cantik, sabar, sholehah, dan pemberani. Beliau merupakan istri Rasulullah yang terus berjuang membela Agama Islami dengan caranya. Kanaya berarti perempuan atau wanita. Mawardhanty diambil dari kata Mawar yang merupakan bunga simbol kecantikan dan keberanian dalam menjaga kesuciannya. Makna dari nama ini yaitu perempuan cantik, sabar, sholehah, dan juga pemberani yang selalu menjaga kesuciannya.

2. Ira Fajria Humairah

Nama bayi perempuan selanjutnya yang bisa anda pilih untuk diberikan kepada putri kesayangan anda yaitu Ira Fajria Humairah. Ira memiliki arti pandai. Fajria berarti waktu fajar atau waktu subuh dan bisa dimaknai sebagai anak yang lahir di waktu subuh. Humairah dari bahasa Arab yang berarti yang pipinya kemerahan.

Dari tiga kata tersebut, jika dirangkai menjadi satu kalimat maka akan memiliki makna anak perempuan pandai dan cantik dengan pipi yang kemerahan yang lahir pada pagi hari dengan membawa ketenangan dan kesejukan seperti waktu subuh.

3. Dian Laelia Jayanti

Nama bayi perempuan Sunda berikutnya yang bisa menjadi inspirasi untuk anda yaitu Dian Laelia Jayanti. Dian memiliki arti cahaya atau pelita. Laelia berarti malam. Dan Jayanti berarti bunga yang indah. Maka nama tersebut memiliki makna perempuan yang indah dan menjadi cahaya di malam hari. Nama ini cocok untuk diberikan kepada anak perempuan anda yang lahir di malam hari.

4. Ayi Mariam Novitasari

Ayi dalam bahasa Sunda memiliki arti adik. Pada nama ini Ayi bisa juga dimaknai sebagai anak terkecil. Mariam merupakan nama dari ibunda Nabi Isa, yang merupakan sosok perempuan sholehah, kuat, dan penyayang. Sedangkan Novitasari berarti anak perempuan yang lahir pada bulan November. Maka makna dari nama bayi tersebut yaitu anak perempuan kecil yang sholehah, kuat, dan penyayang yang lahir pada bulan November.

5. Melati Dewi Lina

Nama bayi perempuan Sunda berikutnya yaitu Melati Dewi Lina. Melati merupakan nama bunga yang menjadi simbol kecantikan, harum, dan anggun. Dewi berarti perempuan. Dan Lina berarti feminin. Sehingga nama tersebut memiliki makna perempuan feminin yang memiliki rupa cantik, harum, dan juga anggun.

6. Dwi Irma Ayudya

Nama Dwi Irma Ayudya juga bisa menjadi salah satu nama yang dapat anda berikan untuk anak perempuan anda. Dwi berarti dua atau kedua, yang sangat cocok diberikan untuk nama anak kedua. Irma dari kata irama yang bermakna indah dan menyenangkan. Ayudya dari kaya Ayu yang berarti cantik. Sehingga nama tersebut memiliki makna anak perempuan kedua yang cantik, indah, dan memiliki kepribadian yang menyenangkan.

7. Galuh Nur Khalifah

Nama bayi perempuan Sunda Islami berikutnya yang bisa menjadi inspirasi anda yaitu Galuh Nur Khalifah. Galuh berarti permata atau bisa dimaknai sebagai sesuatu yang berharga. Nur berarti cahaya. Dan Khalifah berarti pemimpin. Jika ketiganya dirangkai maka akan memberikan makna anak perempuan yang cantik, bercahaya, dan berhagra seperti permata yang memiliki jiwa kepemimpinan.

8. Gina Lia Azzahra

Gina memiliki arti selalu melakukan kebaikan. Lia merupakan nama untuk menggambarkan sosok perempuan yang feminin. Dan Azzahra diambil dari Bahasa Arab yang artinya bunga. Sehingga nama bayi perempuan ini memiliki arti anak perempuan yang feminin, cantik dan harus seperti bunga yang selalu melakukan kebaikan untuk sesama.

9. Sekar Tita Syawali

Nama bayi perempuan Sunda dengan nuansa Islami selanjutnya yaitu Sekar Tita Syawali. Sekar berarti bunga. Tita memiliki arti terhormat. Syawali bisa diartikan sebagai yang lahir di bulan Syawal. Maka nama ini memiliki makna anak perempuan yang cantik dan terhormat yang lahir pada bulan Syawal.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait