21 Nama Bayi Perempuan Sunda Tiga Kata Penuh Makna

Siti Nur Aeni
27 Juli 2021, 18:53
21 Nama Bayi Perempuan Sunda Tiga Kata Penuh Makna
orami.co.id
Ilustrasi bayi perempuan

Nama bayi perempuan Sunda banyak dicari para orang tua yang akan memberikan nama untuk putri kecilnya. Nama memang menjadi hal yang cukup menyita waktu untuk dipersiapkan. Memberikan nama kepada buah hati tidak boleh asal. Nama yang diberikan harus memiliki arti yang baik agar bisa menjadi doa terbaik untuk anak tersebut.

Bagi anda yang kebetulan orang Sunda atau keturunan Sunda, mungkin bisa menyematkan nama bayi dengan nuansa Sunda untuk putri kecil anda. Ada beberapa referensi nama untuk bayi perempuan yang memiliki nuansa Sunda.

Advertisement

Nama Bayi Untuk Perempuan Sunda Terinspirasi dari Putri Kerajaan

Nama bayi perempuan Sunda berikut ini terinspirasi dari nama para putri kerajaan. Nama-nama putri kerajaan tersebut bukan hanya indah dan unik, namun memiliki arti dan makna yang bagus. Maka dari itu, nama dari putri kerjaan ini bisa anda sematkan di nama bayi perempuan Anda. Berikut daftar nama-namanya:

1. Dian Prameswari Tribuwana

Nama bayi perempuan pertama ini terinspirasi dari putri pertama Raja Kertanegara dari kerajaan Singhasari. Prameswari Tribuwana merupakan sosok seorang putri yang terkenal dengan putri yang sempurna baik rupa maupun kepribadian. Sementara kata Dian memiliki arti cahaya. Sehingga makna dari nama tersebut adalah anak perempuan yang bercahaya dan sempurna.

2. Prameswari Mahadewi Kartika

Nama bayi perempuan Sunda dan artinya berikutnya yang kami rekomendasikan yaitu Prameswari Mahadewi Kartika. Nama ini diambil dari putri kedua Raja Kertanegara yang terkenal dengan parasnya yang cantik. Sedangkan Kartika memiliki arti bintang. Maka makna dari nama ini yaitu anak perempuan yang cantik dan bersinar seperti bintang.

3. Mawardhani Tribhuwana Tunggadewi

Mawardhani memiliki arti bunga mawar yang menjadi lambang kecantikan dan kekuatan seorang perempuan dalam menjaga kehormatannya. Sedangkan Tribhuwana Tunggadewi diambil dari nama raja perempuan pertama di Majapahit. Tribhuwana Tunggadewi Jayawisnuwardhani menjadi raja perempuan pertama di kerajaan besar tersebut, dan menjadi sosok tauladan untuk perempuan pada masanya serta menjadi inspirasi perempuan masa kini.

Sehingga nama Mawardhani Tribhuwana Tunggadewi memiliki makna seorang perempuan yang  cantik, kuat, suci karena bisa menjaga kehormatannya, dan akan menjadi sosok pemimpin yang disegani banyak orang.

4. Dahlia Dewi Gayatri

Nama bayi perempuan Sunda berikutnya yaitu Dahlia Dewi Gayatri. Dahlia merupakan nama bunga yang terkenal indah dan banyak yang menyukai. Dewi merupakan nama untuk anak perempuan. Dewi juga bisa dimaknai sebagai sosok pemimpin perempuan atau sosok perempuan yang memiliki kekuasaan. Sementara Gayatri merupakan nama dari putri bungsu Raja Kertanegara. Makna nama bayi ini yaitu anak perempuan yang cantik, kuat, bijaksana, dan disegani atau dihormati,

5. Dyah Wijayakumara Febriyanti

Nama selanjutnya merupakan kombinasi antara nama sosok pemimpin kerajaan dan bulan kelahiran anak tersebut. Dyah Wijayakumara merupakan nama dari seorang pemimpin di kerajaan daerah Kahuripan. Sedangkan Febriyanti berarti anak perempuan yang lahir di bulan Februari. Dari nama ini terselip sebuah doa dan harapan agar kelak anak yang lahir di bulan Februari itu bisa tumbuh dengan baik dan bisa menjadi sosok pemimpin perempuan yang arif dan bijaksana.

6. Dewi Suhita Aprilianti

Masih mengandung unsur nama seorang putri kerajaan dan juga bulan kelahiran. Dewi Suhita Aprilianti bisa menjadi pilihan nama bayi perempuan Sunda untuk putri kesayangan anda. Dewi Suhita merupakan anak kedua Raja Wikramawardhana sedangkan Aprilianti berarti anak perempuan yang lahir di bulan April. Maka nama tersebut bisa dimaknai sebagai anak perempuan yang lahir di bulan April dan menjadi putri yang berharga seperti putri raja.

7. Citraloka Dyah Sureswari

Citraloka berarti catatan sejarah dan nama Dewi Sureswari merupakan pemimpin kerjaraan Pajang. Maka makna dari nama bayi perempuan ini yaitu perempuan yang berharga seperti sejarah dan akan menjadi seorang pemimpin yang dihormati, adil, dan bijaksana.

8. Asih Dyah Suragharini

Asih Dyah Suragharini memiliki makna pemimpin perempuan yang penyayang. Makna dari nama bayi perempuan Sunda tersebut diambil dari kata Asih yang berarti penyayang dan Dyah Suragharini yang merupakan pemimpin kerajaraan Tanjungpura. Harapannya kelak anak perempuan tersebut bisa menjadi perempuan yang berani untuk memimpin dan berani menegakkan keadilan tanpa meninggalkan rasa kaya kasih sayang kepada sesama.

9. Cantika Prameswari Mahadewi

Inspirasi nama bayi perempuan Sunda selanjutnya yaitu Cantika Prameswari Mahadewi. Cantika berarti anak perempuan yang cantik. Prameswari Mahadewi merupakan putri kedua dari raja Kertanegara yang canrik. Nama tersebut menggambarkan sosok perempuan cantik yang menjadi kesayangan orang tua dan keluarga.

10. Kania Isyana Tunggawijaya

Nama Kania Isyana Tunggawijaya bisa menjadi referensi nama untuk bayi perempuan anda. Kania memiliki arti perempuan. Isyana Tunggawijaya merupakan putri dari raja Mataram kuno dan menjadi pemimpin setelah menggantikan ayahnya. Nama ini memiliki makna seorang perempuan yang menjadi kesayangan orang tua dan sekaligus perempuan kuat yang memiliki jiwa kepemimpinan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement