Pembangunan Baru 7%, Freeport Targetkan Smelter di Gresik Rampung 2023

Image title
26 Juli 2021, 16:46
freeport, smelter freeport, tambang freeport, smelter, pertambangan, ptfi
Dok Freeport
Ilustrasi tambang Freeport Indonesia

PT Freeport Indonesia memastikan pembangunan pabrik peleburan atau smelter tembaga di Gresik, Jawa Timur dapat rampung pada 2023. Terutama setelah perusahaan bersama PT Chiyoda International Indonesia resmi menandatangani kontrak kerjasama pembangunan proyek beberapa waktu lalu.

Juru Bicara PT Freeport Indonesia Riza Pratama mengatakan progres pembangunan smelter di kawasan industri JIIPE Gresik ini hingga Juni 2021 baru mencapai 7%. Kemajuan tersebut termasuk merampungkan fase Front-End Engineering Design, dimulainya detail engineering, dan kemajuan di penguatan atau persiapan lahan.

"Kami berupaya menyelesaikan proyek ini sesuai dengan komitmen kami pada saat divestasi yaitu akhir 2023," ujarnya kepada Katadata.co.id, Senin (26/7).

Saat dikonfirmasi perihal target capaian proyek di tahun ini, dia belum dapat membeberkan lebih jauh. Yang pasti kemajuan akan diverifikasi secara berkala, atau setiap enam bulan sekali. Artinya kemajuan proyek baru dapat diketahui kembali pada akhir tahun.

Chairman & CEO Freeport-McMoRan Richard C. Adkerson dalam laporan kinerja kuartal II tahun ini membeberkan PTFI baru saja mendapatkan pinjaman sebesar US$ 1 miliar untuk pembangunan proyek smelter di Gresik ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...