Sinopsis Film Divergent, Perjuangan Melawan Penindasan

Image title
27 Juli 2021, 16:00
Adegan dalam film Divergent (2014)
imdb.com Photo by Jaap Buitendijk © 2013 Summit Entertainment, LLC. All rights reserved.
Adegan dalam film Divergent (2014)

Divergent merupakan film karya sutradara Neil Burger. Film ini mengambil tempat di Kota Chicago pada masa depan. Pada masa itu, masyarakat dibagi menjadi lima faksi: Abnegation (yang tidak mementingkan diri sendiri), Amity (yang damai), Candor (yang jujur), Dauntless (yang berani), dan Erudite (yang intelektual).

Ketika anak-anak mencapai usia 16 tahun, mereka menjalani tes untuk menentukan faksi yang cocok. Namun, mereka juga dapat memilih faksi yang berbeda dari hasil tes. Jika tidak ada yang cocok, maka mereka menjadi Factionless, gelandangan yang tidak memiliki tempat dalam masyarakat.

Tokoh utama film ini adalah Beatrice Prior yang lahir dalam faksi Abnegation. Beatrice mengikuti tes dan hasilnya menunjukkan bahwa ia adalah Divergent, yaitu orang yang memiliki kemampuan lima faksi. Namun, untuk melindungi Beatrice, hasil tes dipalsukan menjadi Abnegation.

Saat hari penentuan, Beatrice memilih faksi Dauntless, meninggalkan keluarganya, dan mengubah namanya menjadi Tris. Ia pindah ke tempat tinggal faksi Dauntless dan bertemu dengan Four.

Para anggota baru diberi pakaian serba hitam sesuai dengan warna faksi Dauntless dan bersiap untuk memulai pelatihan untuk membuktikan bahwa mereka layak tinggal di markas Dauntless. Eric, seorang pimpinan Dauntless, memperingatkan mereka bahwa jika mereka gagal mencapai peringkat teratas, mereka akan dikeluarkan dari Dauntless dan menjadi Factionless.

Hari berikutnya, Tris sedang membantu menurunkan pasokan makanan dari Amity dan memuatnya ke truk. Tris melihat sesuatu kemudian berjalan ke belakang truk dan menemukan ibunya, Natalie, yang bersembunyi untuk menemui Tris agar tidak ketahuan.

Natalie bertanya pada Tris apakah dia benar-benar mendapatkan faksi Dauntless untuk tes bakatnya. Tris mengaku bahwa ia seorang Divergent. Natalie memperingatkannya untuk tidak memberitahu siapapun tentang hal ini, karena Erudite sedang memburu Divergent yang merupakan ancaman bagi sistem mereka. Divergent dianggap tidak bisa menyesuaikan diri hanya dengan satu faksi dan mampu berpikir bebas.

Tris berusaha untuk beradaptasi dengan faksi Dauntless melalui serangkaian pelatihan berbahaya. Namun, ia selalu tertinggal. Four melatih Tris untuk mengikuti simulasi tes ketakutan dan berhasil unggul karena kemampuan Divergent yang ia miliki.

Four memperingatkan Tris untuk menyembunyikan kemampuannya dan untuk menyelesaikan tantangan seperti karena menjadi Divergent merupakan ancaman bagi masyarakat. Kemudian Tris mengunjungi Caleb dan mengetahui rencana Erudite untuk menggulingkan Abnegation dan menjadi faksi yang berkuasa.

Tris kembali ke markas Dauntless di mana Four menemuinya dan curiga terhadap beberapa anggota Erudite yang datang membawa serum. Hari tes ketakutan tiba, Tris berhasil melewati tes tersebut tanpa mengungkap bahwa ia seorang Divergent.

Setelah resmi menjadi anggota Dauntless. Dia dan anggota baru lainnya, termasuk Will dan Christina, diberi senjata saat mereka berbaris untuk sebuah misi. Para anggota Dauntless disuntik dengan alat pelacak yang sebenarnya berisi serum oranye untuk mengontrol pikiran.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement