20 Makanan Khas Sunda yang Bikin Ketagihan

Jika berkunjung ke Jawa Barat, tidak ada salahnya mencicipi beberapa makanan khas Sunda yang pasti akan membuat Anda ketagihan ingin mencobanya lagi.
Image title
4 Agustus 2021, 21:52
makanan khas Sunda, makanan khas Sunda adalah, Makanan Khas Jawa Barat, Ciri Khas Makanan Sunda, apa makanan khas sunda, makanan
instagram.com/kulinerbandung
Soto Bandung salah satu makanan khas Sunda yang rasanya nikmat

Tanah pasundan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sunda memang selalu menarik untuk diulas. Kekayaan budaya dan keindahan alamnya membuat siapa saja yang datang ke tempat ini merasa betah dan nyaman. Yang tak kalah menjadi daya pikat yakni makanan khas Sunda yang tidak pernah mengecewakan dan selalu membuat siapa saja yang mencicipinya ketagihan.

Beberapa makanan dari Sunda bahkan sudah dikenal di seluruh penjuru negeri hingga luar negeri. Keunikan cita rasanya yang membuat makanan ini sulit dilupakan. Meskipun memiliki rasa yang khas, namun makanan dari Sunda ini sebenarnya mudah dibuat dirumah dan resepnya pun saat ini sudah tersebar di internet.

Ciri Khas Makanan Sunda

Makanan khas Sunda adalah makanan yang berasa dari wilayah Jawa Barat. Makanan dari Jawa Barat ini sangat cocok untuk lidah orang Indonesia yang senang dengan rempah yang kuat dan rasa yang tajam. Ada beberapa ciri khas yang ditonjolkan dalam makanan khas daerah Jawa Barat ini. Ciri khas ini yang membuat makanan ini berbeda dengan makanan dari daerah lainnya. Berikut penjelasannya:

1. Menggunakan sayur segar

Ciri khas makanan Sunda yang pertama yaitu selalu menggunakan bahan sayur segar. Jawa Barat memang salah satu daerah di Indonesia yang memiliki iklim dingin, karena dikelilingi beberapa pegunungan.

Kondisi geografis ini membuat daerah tersebut banyak menghasilkan sayuran segar dan berkualitas. Hal ini juga yang mempengaruhi kebiasan makan masyarakat Sunda yang lebih senang makan sayur segar atau sayur mentah seperti lalap. Keunikan ini justru yang membuat makanan khas Sunda menjadi terkenal dan banyak juga masyarakat dari daerah lainnya yang menyukai makanan dengan sayur segar atau sayur mentah.

2. Rasanya pedas

Ciri khas lainnya yang juga muncul dari makanan yang berasal dari Sunda yaitu rasanya yang pedas. Kita pasti mengenal seblak, salah satu jajanan khas Sunda yang cita rasanya sangat pedas. Seblak hanyalah salah satunya, masih banyak makanan khas Sunda yang juga menyajikan rasa pedas.

Bukan hanya makanan atau camilan yang rasanya pedas, di daerah Sunda juga terdapat banyak sekali varian sambal, seperti sambal kacang, sambal terasi, sambal ijo, sambal goang, sambal combrang, sambal cibiuk, dan varian sambal lainnya yang menjadi favorit masyarakat Sunda. Tak heran jika akhirnya banyak makanan yang muncul dengan cita rasa pedas karena selera dari masyarakat setempat yang memang menyukai makanan pedas.

3. Rasanya ringan dan sederhana

Ciri khas makanan Sunda selanjutnya yakni ada pada cita rasa yang disajikan. Setiap masakan Sunda pasti menggunakan rempah-rempah yang beragam. Rempah tersebut yang membuat makanan Sunda terasa sederhana dan ringan. Meskipun aroma rempahnya cukup kuat, namun ketika disantap tidak akan menimbulkan kebosanan. Justru sebaliknya, Anda akan merasakan ketagihan saat mencicipi makanan khas Sunda ini.

4. Penyajiannya sederhana

Bukan hanya rasanya yang ringan, cara menyajikan makanan khas Sunda juga sederhana. Tidak perlu platting mewah seperti makanan kekinian, cukup dengan daun pisang sudah membuat para menikmatnya nambah berkali-kali. Bahkan di Sunda terkenal dengan istilah “botram” atau makan bersama dengan penyajian di atas daun pisang panjang tanpa piring. Biasanya disajikan saat ada acara keluarga atau syukuran dan dinikmati beramai-ramai.

5. Bahan-bahannya tidak sulit

Meskipun macamnya sangat banyak dan biasanya menggunakan bumbu yang beragam, masakan Sunda sebenarnya menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Mulai dari sayur-sayuran yang mudah untuk diperoleh, hingga makanan kaya protein seperti ikan yang biasanya diambil langsung dari sungai. Contohnya goreng impung garing yang berbahan dasar ikan kecil yang ada di sungai dan berbagai olahan keong dengan perpaduan rempah yang membuatnya menjadi lezat untuk dinikmati.

Itulah lima ciri khas makanan khas Sunda yang menjadikannya berbeda dengan jenis makanan dari daerah lainnya. Meski unik, rasa yang ditawarkan tidak bisa ditolak oleh siapa saja yang mencicipinya.

Makanan Khas Jawa Barat

Ada banyak sekali ragam keunikan yang di tawarkan daerah Sunda, salah satunya makanan khasnya yang tak pernah lekang di makan waktu. Terdapat beberapa makanan khas Sunda yang bisa Anda coba saat datang ke tempat ini. Berikut daftar lengkapnya:

1. Nasi tutug oncom

Makanan khas pertama yang berasal dari Sunda yaitu nasi tutug oncom. Seperti namanya, makanan ini memiliki dua bahan utama yakni nasi dan oncom. Untuk membuatnya, Anda bisa langsung mencampurkan nasi putih dengan oncom yang sudah di goreng. Kemudian di tutug atau di tumbuk hingga keduanya tercampur. Biasanya nasi ini juga disajikan dengan lauk lainnya seperti tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, lalapan, dan yang tidak boleh ketinggalan sambal terasi. Sangat nikmat menyantap hidangan ini saat masih hangat.

2. Nasi timbel

Masih dalam kelompok makanan berat, nasi timbel juga menjadi makanan khas Jawa Barat yang tak boleh Anda lewatkan. Nasi timbel bisa dijumpai di warung makan. Yang menjadikannya unik yaitu makanan ini kemas dengan menggunakan daun pisang yang membuat makanan ini semakin beraroma lezat dan menggiurkan. Biasanya nasi timbel ini disajikan dengan lauk pendamping seperti ikan asin, ikan pepes, empal, ayam goreng, japuh, dan yang tidak boleh ketinggalan yaitu lalapan dan sambalnya.

3. Kupat tahu

Makanan ini juga tergolong berat karena didalamnya menggunakan kupat atau ketupat yang terbuat dari beras yang direbus didalam daun kelapa. Ketupat tersebut kemudian dipotong-potong dan ditambah dengan tahu goreng, tauge, dan siraman bumbu kacang. Kelembutan dari tahu dan ketupat yang mengenyangkan membuat makanan ini cocok disantap di waktu makan siang, karena selain mengenyangkan juga sangat segar.

4. Bakakak hayam

Makanan khas Sunda lainnya bernama bakakak hayam. Meskipun tidak mengetahui jenis makanan ini, Anda pasti sudah bisa menebang jika makanan ini pasti dari Sunda. Hayam dalam bahasa Sunda memiliki arti makanan yang bahan utamanya ayam. Makanan ini terbuat dari ayam yang dibumbui menggunakan bumbu khusus kemudian di bakar. Biasanya makanan ini disajikan untuk di makan ramai-ramai, pastinya ditemani lalapan dan sambal.

5. Mie kocok

Seperti namanya, mie kocok dibuat dari bahan mie kuning yang disajikan menggunakan kuah yang berasal dari kaldu sapi. Biasanya mie kocok ini dijumpai di daerah Bandung dan sekitarnya. Mie kocok ini tidak hanya tersaji mie dan kuah, ada beberapa sayuran yang digunakan seperti tauge dan daun seledri. Biasanya mie kocok ini juga ditambah bakso, kikil, dan topping daun bawang serta bawang goreng yang membuat makanan ini semakin sedap disantap. Nama mie kocok diambil dari cara memasaknya yang unik yaitu dengan cara mengocok mie dalam tempat khusus dan mencelupkan ke dalam air mendidih sampai matang.

6. Empal gepuk

Makanan khas Sunda ini berbahan dasar daging yang di goreng bersama dengan bumbu dan kelapa. Gepung ini sangat cocok dimakan bersama nasi yang masih hangat. Karena cara memesaknya digoreng, maka makanan ini biasanya tahan cukup lama. Tak ketigalan untuk membuat makanan ini semakin nikmat Anda bisa menyantapnya bersama sambal khas Sunda.

7. Soto Bandung

Dari namanya, sudah pasti makanan ini berasal dari Bandung, Jawa Barat. Soto Bandung merupakan soto asli Bandung dengan cita rasa yang segar dan unik. Soto ini menggunakan irisan daging sapi atau tetelan yang disiram menggunakan kuah kaya rempah. Untuk membuat kuah Soto Bandung ini, Anda membutuhkan jahe, serai, lengkuas, gulai, bawang merah, lada, bawang putih, dan rempah-rempah lain.

Tidak boleh ketinggalan, soto ini juga dilengkapi dengan sayuran seperti lobak, selederi, bawang goreng, dan kacang kedelai. Saat ini Soto Bandung sudah semakin berkembang dan banyak yang menambahkan berbagai topping tanpa mengurangi cita rasa khasnya yang segar dan kaya rempah.

8. Lotek

Berbicara makanan khas Jawa Barat, tidak afdol rasanya jika tidak mengulas makanan ini. Lotek merupakan makanan asli Sunda yang terbuat dari sayur-sayuran segar seperti kol, tauge, kacang panjang, dan kangkung yang direbus. Anda juga bisa berkreasi menggunakan sayuran lainnya. Setelah itu, sayuran disiram menggunakan bumbu kacang yang membuat cira rasanya semakin unik dan nikmat.

9. Karedok

Makanan ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan lotek, sama-sama terbuat dari bahan dasar sayuran. Bedanya, bahan sayuran yang digunakan masih mentah. Biasanya makanan ini dinikmati bersama nasi hangat atau lontong dan tambahan kerupuk yang membuat makan siang Anda menjadi semakin nikmat.

10. Empal gentong

Jika sebelumnya telah dijelaskan tentang empal gepuk, ternyata masih ada makanan khas Sunda yang berasal dari daging, yakni empal gentong. Makanan ini terbuat dari bahan utama daging, usus, dan babat sapi. Bahan-bahan tersebut dimasak dalam gentong dan menggunakan kayu bakar sehingga cita rasa tradisionalnya sangat kuat. Setelah matang, empal gentong diletakkan dalam mangkok yang berisi nasi atau lontong kemudian di siram dengan santan gurih dan ditaburi kucai yang semakin menggugah selera.

11. Sate maranggi

Sate mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyrakat Indonesia. Sangkin terkenalnya, makanan yang satu ini bahkan memiliki ragam varian mulai dari sate ayam, sate jamur, sate usus, sate kambing, dan jenis sate lainnya. Jawa Barat juga tak mau kalah, di daerah ini terkenal dengan sate maranggi yang biasanya banyak dijumpai di Purwakarta dan Cianjur.

Sate maranggi ini berbahan dasar seperti sate lainnya, yaitu daging sapi atau daging kambing. Yang menjadikannya berbeda yaitu cara untuk memasaknya. Jika sate jenis lain setelah daging ditusuk langsung di bakar, maka sate maranggi berbeda. Daging yang akan dibakar harus dimarinasi atau dibumbui terlebih dahulu sampai benar-benar meresap. Baru setelah itu, sate dibakar di atas bara api. Makanan ini cocok disantap bersama dengan nasi putih atau lontong. Atau Anda juga bisa menikmati sate maranggi dengan nasi timbel. Dijamin rasanya akan semakin nikmat.

12. Batagor

Batagor atau bakso tahu goreng menjadi makanan khas Sunda yang saat ini sudah sangat terkenal. Sebenarnya batagor bukanlah makanan berat. Makanan ini terbuat dari campuran ikan tenggiri, tepung sagu atau aci, dan kulit pangsit. Kemudian setelah itu digoreng dan disajikan dengan siraman sambal kacang dan kecap manis. Rasa gurih, manis, dan sedikit pedas membuat siapa saja suka dengan makanan ini. Umumnya batagor menjadi jajanan yang mudah dijumpai di pedagang kaki lima dan makanan ini sudah memiliki banyak penggemar mulai dari anak-anak sampai orang tua.

13. Surabi

Surabi atau ada juga yang menyebutnya Serabi merupakan makanan khas Sunda lainnya yang sudah terkenal. Makanan ini biasanya mudah dijumpai di daerah Bandung dan sekitarnya. Surabi ini bisa menjadi camilan namun bisa juga disantap pagi hari untuk sarapan.

Makanan khas ini terbuat dari tepung beras. Kemudian dimasak menggunakan wajan atau cetakan khusus. Yang menjadikannya unik, karena cara memasaknya tidak menggunakan kompor gas melainkan menggunakan tungku kayu bakar. Wajan yang digunakannya juga bukan yang terbuat dari logam atau bahan modern lainnya, melainkan menggunakan tanah liat.

Surabi ini biasanya di makan dengan guyuran gula merah cair, namun saat ini surabi sudah banyak ragamnya. Ada surabi yang di tambah topping cokelat, selai strawberry, dan macam-macam mengikuti selera penikmatinya. Di beberapa daerah ada juga yang memiliki makanan khas mirip dengan surabi, seperti serabi Solo. Namun, meskipun namanya sama rasanya tetap berbeda dan masing-masing memiliki keunikan dan ciri khasnya sendiri.

14. Tahu gejrot

Makanan khas Jawa Barat selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu tahu gejrot. Seperti namanya, makanan yang satu ini berbahan utama tahu. Biasanya tahu yang digunakan yaitu tahu kulit asli Sumedang yang dipotong kecil-kecil kemudian disiram dengan bumbu cabai. Bumbunya bukan seperti bumbu kacang yang kental, melainkan cair dan rasanya tidak hanya pedas tapi juga segar karena ada tambahan kencur di dalamnya.

15. Bakso goreng

Bakso goreng atau basreng menjadi camilan khas Sunda yang banyak digemari. Makanan ini sudah pasti terbuat dari bakso yang digoreng. Bakso yang digunakan bisa bakso sapi atau ayam, kemudian diiris tipis dan digoreng sampai kering. Yang menjadikannya semakin diminati karena bakso goreng ini ditaburi dengan bumbu cabai atau bumbu pedas. Camilan gurih ini cocok untuk menemani waktu santai.

16. Peuyeum

Dari namanya saja kita sudah akan mengetahui bahwa makanan ini berasal dari Jawa Barat yang berbahan dasar singkong yang telah di fermentasi. Peuyeum di daerah lain dikenal dengan nama Tape. Tekstur makanan ini tembut dan rasa yang manis sedikit asam.

17. Dodol Garut

Makanan khas Jawa Barat lainnya yang juga terkenal dengan sebagai oleh-oleh khas Garut yaitu dodol Garut. Makanan ini memiliki cita rasa manis dan berasal dari beras ketan sehingga teksturnya kenyal. Ada tambahan gula, kelapa, dan susu yang membuat makanan ini semakin terasa gurih. Dodol garut merupakan makanan yang tahan lama meskipun tidak menggunakan bahan pengawet dalam pembuatannya, sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh ke luar kota bahkan luar negeri.

18. Kue gemblong

Kue gemblong ini juga merupakan makanan manis yang banyak diburu. Biasanya banyak ditemui di daerah Puncak dan menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Puncak. Makanan ini terbuat dari ketan dan kelapa dengan dilapisi gura karamel membuat makanan ini semakin nikmat. Kue gemblong cocok dinikmati bersama dengan teh panas untuk teman santai sore hari.

19. Kue cucur

Masih dari jenis kue, makanan khas Sunda lainnya yaitu cucur. Makanan ini terbuat dari tepung beras dicampur dengan tepung terigu dan gula merah. Warna coklat dari kue ini berasal dari gula merah bukan pewarna buatan, sehingga sangat sehat. Kue cucur ini merupakan kue goreng yang juga cocok untuk disantap bersama teh hangat.

20. Es goyobod

Jika sebelumnya membahas tentang makanan berat camilan, tidak afdol rasanya jika tidak membahas minuman khas dari Jawa Barat. Es goyobod dapat menjadi pilihan minuman segar dan lezat yang bisa Anda coba saat mampir ke daerah Jawa Barat.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait