20 Makanan Khas Sunda yang Bikin Ketagihan

Siti Nur Aeni
4 Agustus 2021, 21:52
makanan khas Sunda, makanan khas Sunda adalah, Makanan Khas Jawa Barat, Ciri Khas Makanan Sunda, apa makanan khas sunda, makanan
instagram.com/kulinerbandung
Soto Bandung salah satu makanan khas Sunda yang rasanya nikmat

Tanah pasundan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sunda memang selalu menarik untuk diulas. Kekayaan budaya dan keindahan alamnya membuat siapa saja yang datang ke tempat ini merasa betah dan nyaman. Yang tak kalah menjadi daya pikat yakni makanan khas Sunda yang tidak pernah mengecewakan dan selalu membuat siapa saja yang mencicipinya ketagihan.

Beberapa makanan dari Sunda bahkan sudah dikenal di seluruh penjuru negeri hingga luar negeri. Keunikan cita rasanya yang membuat makanan ini sulit dilupakan. Meskipun memiliki rasa yang khas, namun makanan dari Sunda ini sebenarnya mudah dibuat dirumah dan resepnya pun saat ini sudah tersebar di internet.

Ciri Khas Makanan Sunda

Makanan khas Sunda adalah makanan yang berasa dari wilayah Jawa Barat. Makanan dari Jawa Barat ini sangat cocok untuk lidah orang Indonesia yang senang dengan rempah yang kuat dan rasa yang tajam. Ada beberapa ciri khas yang ditonjolkan dalam makanan khas daerah Jawa Barat ini. Ciri khas ini yang membuat makanan ini berbeda dengan makanan dari daerah lainnya. Berikut penjelasannya:

1. Menggunakan sayur segar

Ciri khas makanan Sunda yang pertama yaitu selalu menggunakan bahan sayur segar. Jawa Barat memang salah satu daerah di Indonesia yang memiliki iklim dingin, karena dikelilingi beberapa pegunungan.

Kondisi geografis ini membuat daerah tersebut banyak menghasilkan sayuran segar dan berkualitas. Hal ini juga yang mempengaruhi kebiasan makan masyarakat Sunda yang lebih senang makan sayur segar atau sayur mentah seperti lalap. Keunikan ini justru yang membuat makanan khas Sunda menjadi terkenal dan banyak juga masyarakat dari daerah lainnya yang menyukai makanan dengan sayur segar atau sayur mentah.

2. Rasanya pedas

Ciri khas lainnya yang juga muncul dari makanan yang berasal dari Sunda yaitu rasanya yang pedas. Kita pasti mengenal seblak, salah satu jajanan khas Sunda yang cita rasanya sangat pedas. Seblak hanyalah salah satunya, masih banyak makanan khas Sunda yang juga menyajikan rasa pedas.

Bukan hanya makanan atau camilan yang rasanya pedas, di daerah Sunda juga terdapat banyak sekali varian sambal, seperti sambal kacang, sambal terasi, sambal ijo, sambal goang, sambal combrang, sambal cibiuk, dan varian sambal lainnya yang menjadi favorit masyarakat Sunda. Tak heran jika akhirnya banyak makanan yang muncul dengan cita rasa pedas karena selera dari masyarakat setempat yang memang menyukai makanan pedas.

3. Rasanya ringan dan sederhana

Ciri khas makanan Sunda selanjutnya yakni ada pada cita rasa yang disajikan. Setiap masakan Sunda pasti menggunakan rempah-rempah yang beragam. Rempah tersebut yang membuat makanan Sunda terasa sederhana dan ringan. Meskipun aroma rempahnya cukup kuat, namun ketika disantap tidak akan menimbulkan kebosanan. Justru sebaliknya, Anda akan merasakan ketagihan saat mencicipi makanan khas Sunda ini.

4. Penyajiannya sederhana

Bukan hanya rasanya yang ringan, cara menyajikan makanan khas Sunda juga sederhana. Tidak perlu platting mewah seperti makanan kekinian, cukup dengan daun pisang sudah membuat para menikmatnya nambah berkali-kali. Bahkan di Sunda terkenal dengan istilah “botram” atau makan bersama dengan penyajian di atas daun pisang panjang tanpa piring. Biasanya disajikan saat ada acara keluarga atau syukuran dan dinikmati beramai-ramai.

5. Bahan-bahannya tidak sulit

Meskipun macamnya sangat banyak dan biasanya menggunakan bumbu yang beragam, masakan Sunda sebenarnya menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Mulai dari sayur-sayuran yang mudah untuk diperoleh, hingga makanan kaya protein seperti ikan yang biasanya diambil langsung dari sungai. Contohnya goreng impung garing yang berbahan dasar ikan kecil yang ada di sungai dan berbagai olahan keong dengan perpaduan rempah yang membuatnya menjadi lezat untuk dinikmati.

Itulah lima ciri khas makanan khas Sunda yang menjadikannya berbeda dengan jenis makanan dari daerah lainnya. Meski unik, rasa yang ditawarkan tidak bisa ditolak oleh siapa saja yang mencicipinya.

Makanan Khas Jawa Barat

Ada banyak sekali ragam keunikan yang di tawarkan daerah Sunda, salah satunya makanan khasnya yang tak pernah lekang di makan waktu. Terdapat beberapa makanan khas Sunda yang bisa Anda coba saat datang ke tempat ini. Berikut daftar lengkapnya:

1. Nasi tutug oncom

Makanan khas pertama yang berasal dari Sunda yaitu nasi tutug oncom. Seperti namanya, makanan ini memiliki dua bahan utama yakni nasi dan oncom. Untuk membuatnya, Anda bisa langsung mencampurkan nasi putih dengan oncom yang sudah di goreng. Kemudian di tutug atau di tumbuk hingga keduanya tercampur. Biasanya nasi ini juga disajikan dengan lauk lainnya seperti tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, lalapan, dan yang tidak boleh ketinggalan sambal terasi. Sangat nikmat menyantap hidangan ini saat masih hangat.

2. Nasi timbel

Masih dalam kelompok makanan berat, nasi timbel juga menjadi makanan khas Jawa Barat yang tak boleh Anda lewatkan. Nasi timbel bisa dijumpai di warung makan. Yang menjadikannya unik yaitu makanan ini kemas dengan menggunakan daun pisang yang membuat makanan ini semakin beraroma lezat dan menggiurkan. Biasanya nasi timbel ini disajikan dengan lauk pendamping seperti ikan asin, ikan pepes, empal, ayam goreng, japuh, dan yang tidak boleh ketinggalan yaitu lalapan dan sambalnya.

3. Kupat tahu

Makanan ini juga tergolong berat karena didalamnya menggunakan kupat atau ketupat yang terbuat dari beras yang direbus didalam daun kelapa. Ketupat tersebut kemudian dipotong-potong dan ditambah dengan tahu goreng, tauge, dan siraman bumbu kacang. Kelembutan dari tahu dan ketupat yang mengenyangkan membuat makanan ini cocok disantap di waktu makan siang, karena selain mengenyangkan juga sangat segar.

4. Bakakak hayam

Makanan khas Sunda lainnya bernama bakakak hayam. Meskipun tidak mengetahui jenis makanan ini, Anda pasti sudah bisa menebang jika makanan ini pasti dari Sunda. Hayam dalam bahasa Sunda memiliki arti makanan yang bahan utamanya ayam. Makanan ini terbuat dari ayam yang dibumbui menggunakan bumbu khusus kemudian di bakar. Biasanya makanan ini disajikan untuk di makan ramai-ramai, pastinya ditemani lalapan dan sambal.

5. Mie kocok

Seperti namanya, mie kocok dibuat dari bahan mie kuning yang disajikan menggunakan kuah yang berasal dari kaldu sapi. Biasanya mie kocok ini dijumpai di daerah Bandung dan sekitarnya. Mie kocok ini tidak hanya tersaji mie dan kuah, ada beberapa sayuran yang digunakan seperti tauge dan daun seledri. Biasanya mie kocok ini juga ditambah bakso, kikil, dan topping daun bawang serta bawang goreng yang membuat makanan ini semakin sedap disantap. Nama mie kocok diambil dari cara memasaknya yang unik yaitu dengan cara mengocok mie dalam tempat khusus dan mencelupkan ke dalam air mendidih sampai matang.

6. Empal gepuk

Makanan khas Sunda ini berbahan dasar daging yang di goreng bersama dengan bumbu dan kelapa. Gepung ini sangat cocok dimakan bersama nasi yang masih hangat. Karena cara memesaknya digoreng, maka makanan ini biasanya tahan cukup lama. Tak ketigalan untuk membuat makanan ini semakin nikmat Anda bisa menyantapnya bersama sambal khas Sunda.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...