Mengenal Manfaat dan Pilihan Makanan Mengandung Asam Folat

Siti Nur Aeni
6 Agustus 2021, 13:42
asam folat, makanan yang mengandung asam folat, asam folat untuk ibu hamil, asam folat untuk promil, asam folat adalah, manfaat asam folat, fungsi asam folat, buah yang mengandung asam folat
pixabay.com
Brokoli salah satu makanan yang mengandung asam folat

Asam folat atau yang sering disebut juga sebagai vitamin B9 merupakan salah satu dari bentuk vitamin B kompleks yang bisa larut di dalam air. Asam folat dibutuhkan tubuh agar tetap bisa beraktivitas dengan baik.

Jumlah asam folat setiap orang berbeda-beda, tergantung dari kondisi tubuh. Ibu hamil membutuhkan asam folat lebih banyak yakni sekitar 600 mikrogram (mcg) per hari. Sedangkan untuk perempuan yang tidak sedang hamil hanya membutuhkan asam folat sekitar 400 mcg per hari. Meski tergolong kecil, vitamin B9 ini sangat dibutuhkan tubuh.

Advertisement

Apa saja manfaat asam folat dan bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin B9 tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Asam Folat

Sama halnya dengan vitamin lainnya, asam folat juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa manfaat dari vitamin B9:

Manfaat Asam Folat untuk Tubuh

Tubuh manusia membutuhkan vitamin B9 yang cukup agar bisa berfungsi dengan baik. Konsumsi asam folat yang sesuai dengan anjuran dapat memberikan efek yang baik, seperti:

1. Membantu pembentukan sel dalam tubuh

Sel-sel yang ada di dalam tubuh manusia harus terus berkembang, agar fungsi tubuh bisa berjalan dengan baik. Kebutuhan protein di dalam tubuh juga akan terus terpenuhi. Salah satu pemicu dari pembentukan sel dalam tubuh yaitu kandungan asam folat yang cukup. Asam folat bekerjasama dengan vitamin B12 dan vitamin C bisa membantu tubuh dalam memecah, menggunakan, dan membentuk protein baru. 

2. Mencegah anemia

Manfaat asam folat lainnya untuk mencegah risiko anemia. Kekurangan darah atau anemia disebabkan salah satunya karena kurangnya asam folat. Asam folat bermanfaat untuk membentuk sel darah merah. Jika senyawa ini kurang, maka yang terjadi produksi sel darah merah juga ikut berkurang yang kemudian menyebabkan penyakit anemia.

3. Mencegah risiko penyakit jantung

Kandungan asam folat yang cukup juga bisa menjadi salah satu cara untuk meminimalisir risiko penyakit jantung. Asam folat memiliki kemampuan untuk mencegah penggumpalan pada darah, sehingga aliran darah tetap lancar dan jantung tetap sehat.

Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

Asam folat untuk ibu hamil juga memiliki peranan yang sangat penting. Ada beberapa manfaat vitamin B9 ini bagi ibu hamil. Berikut penjelasannya:

1. Mengurangi risiko keguguran

Manfaat yang pertama yaitu untuk mencegah terjadinya keguguran. Asam folat untuk ibu hamil dipercaya bisa mengurangi risiko keguguran serta gangguan kehamilan lainnya seperti prematur dan gangguan pada pertumbuhan janin di dalam rahim.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement