Mengenal Manfaat dan Pilihan Makanan Mengandung Asam Folat

Asam folat adalah salah satu dari bentuk vitamin B kompleks yang bisa larut di dalam air. Ada beberapa manfaat dari vitamin ini untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkannya bisa dari makanan tertentu.
Image title
6 Agustus 2021, 13:42
asam folat, makanan yang mengandung asam folat, asam folat untuk ibu hamil, asam folat untuk promil, asam folat adalah, manfaat asam folat, fungsi asam folat, buah yang mengandung asam folat
pixabay.com
Brokoli salah satu makanan yang mengandung asam folat

Asam folat atau yang sering disebut juga sebagai vitamin B9 merupakan salah satu dari bentuk vitamin B kompleks yang bisa larut di dalam air. Asam folat dibutuhkan tubuh agar tetap bisa beraktivitas dengan baik.

Jumlah asam folat setiap orang berbeda-beda, tergantung dari kondisi tubuh. Ibu hamil membutuhkan asam folat lebih banyak yakni sekitar 600 mikrogram (mcg) per hari. Sedangkan untuk perempuan yang tidak sedang hamil hanya membutuhkan asam folat sekitar 400 mcg per hari. Meski tergolong kecil, vitamin B9 ini sangat dibutuhkan tubuh.

Apa saja manfaat asam folat dan bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin B9 tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Asam Folat

Sama halnya dengan vitamin lainnya, asam folat juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa manfaat dari vitamin B9:

Manfaat Asam Folat untuk Tubuh

Tubuh manusia membutuhkan vitamin B9 yang cukup agar bisa berfungsi dengan baik. Konsumsi asam folat yang sesuai dengan anjuran dapat memberikan efek yang baik, seperti:

1. Membantu pembentukan sel dalam tubuh

Sel-sel yang ada di dalam tubuh manusia harus terus berkembang, agar fungsi tubuh bisa berjalan dengan baik. Kebutuhan protein di dalam tubuh juga akan terus terpenuhi. Salah satu pemicu dari pembentukan sel dalam tubuh yaitu kandungan asam folat yang cukup. Asam folat bekerjasama dengan vitamin B12 dan vitamin C bisa membantu tubuh dalam memecah, menggunakan, dan membentuk protein baru. 

2. Mencegah anemia

Manfaat asam folat lainnya untuk mencegah risiko anemia. Kekurangan darah atau anemia disebabkan salah satunya karena kurangnya asam folat. Asam folat bermanfaat untuk membentuk sel darah merah. Jika senyawa ini kurang, maka yang terjadi produksi sel darah merah juga ikut berkurang yang kemudian menyebabkan penyakit anemia.

3. Mencegah risiko penyakit jantung

Kandungan asam folat yang cukup juga bisa menjadi salah satu cara untuk meminimalisir risiko penyakit jantung. Asam folat memiliki kemampuan untuk mencegah penggumpalan pada darah, sehingga aliran darah tetap lancar dan jantung tetap sehat.

Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

Asam folat untuk ibu hamil juga memiliki peranan yang sangat penting. Ada beberapa manfaat vitamin B9 ini bagi ibu hamil. Berikut penjelasannya:

1. Mengurangi risiko keguguran

Manfaat yang pertama yaitu untuk mencegah terjadinya keguguran. Asam folat untuk ibu hamil dipercaya bisa mengurangi risiko keguguran serta gangguan kehamilan lainnya seperti prematur dan gangguan pada pertumbuhan janin di dalam rahim.

2. Mencegah risiko cacat tabung saraf

Selain mencegah keguguran dan kelahiran prematur, asam folat untuk ibu hamil juga bermanfaat untuk mencegah adanya cacat pada tabung saraf seperti anensefali dan spina bifida yang bisa menyebabkan bayi lahir tidak normal.

3. Mengurangi risiko preeklamsia

Preeklamsia merupakan sebuah kondisi komplikasi saat hamil yang ditandai dengan tekanan darah meningkat, adanya bengkak di bagian tubuh ibu hamil, serta kandungan protein dalam urin yang meningkat. Ibu hamil yang mengalami kondisi ini bisa menyebabkan kejang yang tentu saja akan berbahaya bagi kesehatan bayi yang dikandungnya.

Makanan yang Mengandung Asam Folat

Sumber asam folat sebenarnya banyak ditemukan di berbagai makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Berikut beberapa makanan yang mengandung asam folat cukup tinggi.

1. Asparagus

Sayuran hijau yang satu ini memiliki kandungan asam folat sekitar 134 mcg di dalam sekitar setengah cangkir atau 90 gram asparagus. Kandungan ini bisa mencukupi kebutuhan asam folat harian sekitar 34%.

2. Telur

Selain kaya protein, telur juga mengandung asam folat yang cukup tinggi. Dalam satu butir telur berukuran besar terdapat sekitar 22 mcg asam folat dan bisa memenuhi kebutuhan harian sekitar 6 persen.

3. Bayam

Sayuran hijau yang satu ini mengandung asam folat sekitar 58,2 mcg per 30 gram bayam atau dengan kata lain bisa mencukupi kebutuhan asam folat harian sekitar 15%. Selain itu, bayam juga mengandung serat, vitamin K, dan vitamin A yang baik untuk tubuh.

4. Bit

Buah berwarna merah ini memiliki kandungan asam folat sekitar 148 mcg per 136 gram bit. Konsumsi bit dengan jumlah tersebut bisa memenuhi kebutuhan sekitar 37%.

5. Brokoli

Makanan yang mengandung asam folat lainnya yaitu brokoli. Di dalam 91 gram brokoli atau sekitar 1 cangkir terdapat kandungan 57 mcg asam folat atau sekitar 14% dari kebutuhan asam folat per harinya.

6. Hati sapi

Jika sebelumnya sumber asam folat berasal dari tumbuhan, maka kali ini sumber asam folat berasal dari hewan. Hati sapi memiliki kandungan asam folat sekitar 212 mcg per 3 ons. Atau bisa memenuhi kebutuhan asam folat harian sekitar 54%.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait