10 Manfaat Baby Oil untuk Wajah dan Kulit serta Efek Sampingnya

Penggunaan baby oil tak hanya untuk bayi, orang dewasa juga dapat merasakan ragam manfaat baby oil.
Image title
5 Agustus 2021, 19:17
manfaat baby oil untuk wajah, baby oil, manfaat baby oil, baby oil untuk wajah, kegunaan baby oil, fungsi baby oil, apakah baby oil aman untuk wajah, efek samping baby oil
Ron Lach/Pexels
Ilustrasi penggunaan baby oil pada wajah

Baby oil atau minyak untuk bayi telah lama menjadi produk andalan bagi para orang tua yang memiliki bayi. Baby oil biasanya digunakan pada kulit bayi setelah mandi untuk melembapkan kulit sekaligus memberi wangi segar pada bayi.

Menurut Johnson & Johnson, baby oil bisa dioleskan ke kulit bayi sebelum dipijat. Tekstur baby oil yang ringan dapat membantu melembutkan kulit bayi yang kering, terutama jika dioleskan saat kulit bayi sudah basah oleh air, seperti saat setelah mandi.

Baby oil biasanya dibuat dari minyak kelapa, minyak alpukat, minyak almond, minyak jojoba, atau minyak bunga matahari. Beberapa baby oil juga memiliki tambahan zat lain, seperti vitamin E, vitamin A, lidah buaya, dan madu. Kebanyakan baby oil yang dijual di pasaran terdiri dari 98 persen minyak dan 2 persen parfum.

Cara kerja baby oil adalah dengan membentuk semacam lapisan penghalang pada kulit. Penghalang tersebut berfungsi untuk mengunci kelembapan yang sudah ada di permukaan kulit agar kulit tidak kering dan pecah.

Advertisement

Penggunaan baby oil tak hanya untuk bayi saja. Orang dewasa atau remaja turut dapat merasakan manfaat baby oil. Ada banyak manfaat penggunaan baby oil untuk wajah yang perlu Anda ketahui berikut ini.

1. Melembabkan wajah

Baby oil bersifat non-comedogenic, artinya baby oil tidak akan menyumbat pori-pori kulit Anda. Jadi, jika Anda memiliki jenis kulit kering hingga normal, baby oil dapat digunakan untuk melembapkan wajah Anda.

Tuangkan beberapa tetes baby oil pada tangan lalu oleskan dengan lembut ke wasah Anda dapat menyehatkan kulit kering dengan mengunci kelembapan. Untuk hasil terbaik, oleskan minyak ke wajah segera setelah mandi.

2. Gunakan sebagai minyak pijat

Kandungan baby oil yang terdiri dari 98 persen minyak dapat bermanfaat untuk memijat wajah Anda. Memijat wajah dapat melancarkan sirkulasi darah pada wajah sekaligus melepas stress sehingga wajah tampak awet muda. Tekstur Baby oil yang ringan dan licin tidak menimbulkan gesekan pada kulit Anda.

3. Meredakan gatal pada kulit

Para peneliti telah menemukan bahwa bahwa baby oil dapat membantu meringankan ketidaknyamanan kulit, termasuk rasa tidak nyaman yang berhubungan dengan kulit kering dan kondisi seperti psoriasis.

Menurut sebuah studi 2012 dalam Journal of Clinical Nursing, baby oil membantu mengurangi rasa gatal secara signifikan saat dipijat ke bagian tubuh yang gatal setidaknya selama 15 menit per hari selama 3 minggu.

4. Menghapus riasan mata

Pecinta riasan wajah dapat menggunakan baby oil untuk menghapus riasan terutama pada daerah mata. Biasanya, eyeliner yang tebal dan anti air dapat sulit untuk dihilangkan. Memakai baby oil dapat dengan mudah menghapus riasan mata tersebut.

Berikut caranya: Rendam bola kapas dengan baby oil dan usapkan perlahan ke kelopak mata untuk menghapus riasan. Ini adalah cara yang efektif untuk menghilangkan eyeshadow dan eyeliner tanpa mengiritasi kulit halus di sekitar mata.

5. Sebagai masker rambut.

Menurut Dokter Claire Chang dari Union Square Laser Dermatology New York City dikutip dari situs web Martha Stewart, mengolesi rambut Anda dengan baby oil bisa membuatnya tampak berminyak,  namun, jika digunakan sebagai masker rambut untuk dibilas setelahnya, baby oil dapat melembapkan kulit kepala yang kering serta bagian tengah dan ujung rambut yang kering. Baby oil membantu menyegel kelembapan dan membuat rambut berkilau.

6. Mengatasi tumit pecah-pecah

Apakah tumit kaki Anda terlihat kering dan pecah? Gosokkan baby oil pada tumit Anda sebelum tidur lalu pakai sepasang kaos kaki untuk menyegel kelembapannya. Biarkan selama satu malam, keesokan paginya Anda akan bangun dengan kaki yang lebih lembut dan halus.

7. Pengganti krim cukur

Menurut Dokter Chang, baby oil adalah alternatif yang bagus karena formulanya yang menenangkan sehingga mampu melindungi kulit dan membuat pisau cukur meluncur mulus pada kulit. Gosokkan baby oil pada area kulit yang akan dicukur untuk membantu melindungi kulit Anda dari gundukan pisau cukur dan membuatnya halus seperti sutra.

8. Mengurangi munculnya stretch mark dan luka.

Jika Anda hamil dan khawatir tentang stretch mark, yaitu garis halus yang muncul karena kulit melar, gunakan baby oil selama trimester pertama kehamilan. Menurut Dokter Chang, baby oil dapat digunakan sebagai pelumas untuk mencegah stretch mark pada kehamilan, meskipun data tentang kemanjurannya untuk indikasi ini masih terbatas.

9. Menghapus tato temporer

Bisa jadi Anda senang merias kulit menggunakan tato temporer atau tato henna tapi sering kewalahan karena sulit menghapusnya. Jangan menggosok dengan sabun dan air, gunakan baby oil untuk menghapus tato temporer tersebut. Baby oil dapat meresap kedalam kulit dan melarutkan tinta dari tato temporer sehingga mudah dihilangkan.

10. Membersihkan oli atau tinta pada tangan

Terkadang, Anda melakukan beberapa perbaikan pada motor atau mobil Anda sehingga tangan Anda terlihat hitam karena oli dan susah dihapus. Jangan mencoba menghilangkan minyak itu dengan sabun dan air, hal tersebut hanya akan menghilangkan kelembapan alami pada tangan Anda. Sebagai gantinya, gosok tangan Anda dengan sedikit baby oil untuk menghilangkan lemak dan menjaganya tetap lembap.

Baby oil untuk wajah berjerawat

Tidak ada bukti bahwa menggunakan baby oil dapat mengobati jerawat. Meskipun banyak mengoleskan baby oil ke wajah tidak akan meningkatkan risiko wajah berjerawat, Anda harus menghindari penggunaannya jika Anda memiliki kulit yang rentan jerawat.

Baby oil tidak akan menyumbat pori-pori Anda, tetapi penghalang yang diciptakan pada kulit Anda bisa menjebak kotoran dan minyak sehingga masuk ke pori-pori Anda dan membuat jerawat Anda semakin parah.

Efek samping baby oil untuk wajah dan kulit

Baby oil umumnya aman digunakan. Namun, ada beberapa efek samping yang harus diperhatikan jika Anda berencana untuk menggunakannya di wajah atau kulit Anda. Kemungkinan efek samping ini meliputi:

Reaksi alergi

Menurut Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology, reaksi alergi terhadap baby oil, sangat jarang terjadi. Namun, jika Anda memiliki kulit sensitif dan khawatir terhadap reaksi alergi, pertimbangkan untuk mengoleskan sedikit saja lalu tunggu selama 24 jam untuk melihat apakah Anda memiliki reaksi alergi. Jika Anda tidak melihat adanya kemerahan atau iritasi, Anda dapat mengaplikasikannya ke wajah Anda tanpa masalah.

Membuat kulit sulit berkeringat

Baby oil membentuk penghalang pada kulit. Jadi, pada hari yang panas, baby oil dapat menjebak terlalu banyak kelembaban sehingga membuat Anda lebih sulit berkeringat karena tubuh Anda secara alami mencoba untuk mendinginkan diri.

Itulah beragam manfaat baby oil untuk wajah dan kulit serta efek sampingnya. Penggunaan baby oil dalam jumlah yang cukup tidak akan menyebabkan permasalahan serius. Oleh sebab itu, jangan gunakan baby oil secara berlebihan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait