7 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Image title
3 September 2021, 17:31
Film Sang Penari (2011), salah satu rekomendasi film Indonesia terbaik.
jurajsedlak.com
Salah satu gambar fragmen dari film Sang Penari (2011)

Industri film Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan film-film berkualitas. Teknologi dan media sosial juga mendukung untuk mengenalkan film Indonesia dalam kancah internasional.

Bangkitnya industri film Indonesia tampak dari film-film nasional yang terkenal dan sukses meraih jumlah penonton yang besar. Film Petualangan Sherina menandai bangitnya industri perfilman Indonesia.

Film tersebut berhasil meraih penghargaan di Festival Film Asia Pasifik tahun 2000. Tahun berikutnya, Petualangan Sherina memenangkan Film Anak Terbaik di Festival Film Bandung. Semenjak itu, industri film Indonesia terus berkembang.

Kabar baik untuk industri film muncul pada tahun 2016 ketika industri film diangkat dari Daftar Negatif Investasi (DNI) sehingga mengalami peningkatan 20% dari segi investasi menurut situs Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Meski pandemi melanda dan bioskop menghadapi kesulitan, beberapa film Indonesia dapat ditonton melalui layanan streaming seperti Netflix dan Viu. Berikut rekomendasi film Indonesia terbaik sepanjang masa.

1. Laskar Pelangi

Diadaptasi dari novel populer yang terinspirasi dari kehidupan Andrea Hirata, Laskar Pelangi adalah film karya Riri Riza yang rilis pada 25 September 2008.

Laskar Pelangi mengisahkan perjuangan siswa dan guru pada tahun 1970-an di SD Muhammadiyah yang terletak di Pulau Belitung, Sumatera. Awalnya, sekolah itu hampir tutup karena memiliki kurang dari 10 siswa. Untungnya, seorang siswa tiba sehingga SD Muhammadiyah masih bisa beroperasi.

Ikal adalah satu dari sepuluh siswa tersebut. Ia dan teman-teman sekelasnya berasal dari keluarga kurang mampu dan keadaan sekolah mereka sangat memprihatinkan. Tetapi, para siswa dan guru tak pernah putus asa.

Kegigihan para siswa membuat Bu Mus, guru di sekolah itu, memberi mereka julukan “Laskar Pelangi”. Film ini menampilkan momen-momen lucu dan inspiratif, terutama pesan yang disampaikan mengenai isu pendidikan di daerah terpencil Indonesia.

2. Sang Penari

Sang Penari adalah sebuah film yang diadaptasi dari trilogi novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari dan disutradarai oleh Ifa Isfansyah. Film ini rilis pada 10 November 2011.

Dalam film Sang Penari, remaja muda bernama Rasus dan Srintil jatuh cinta dalam kemiskinan di Dukuh Paruk pada tahun 1960-an. Srintil diberkati dengan talenta menari yang dipercaya memiliki keajaiban. Masyarakat sekitar mengharuskan Srintil untuk menjadi ronggeng (penari utama).

Hal tersebut membuat Rasus merasa cintanya pada Srintil dirampas. Dalam keputusasaannya, Rasus meninggalkan desa untuk bergabung dengan angkatan militer. Seiring berjalannya waktu, Rasus dilema antara mengabdi pada negara atau mengejar cintanya pada Srintil, hingga kudeta politik besar memisahkan keduanya.

Sang Penari secara indah menggambarkan perjuangan cinta dengan aspek budaya. Film ini juga mengangkat isu sosial, politik dan sejarah Indonesia.

3. Gie

Gie adalah sebuah film biografi tahun 2005 yang disutradarai oleh Riri Riza. Film ini berdasarkan buku Catatan Seorang Demonstran yang ditulis oleh Soe Hok Gie.

Berkisah tentang Soe Hok Gie, seorang aktivis yang hidup di tahun 1960-an, film Gie berlatar di era kelam dalam sejarah Indonesia. Ketika Indonesia mengalami krisis, Soe Hok Gie menyuarakan keprihatinannya yang besar tentang isu politik dan sosial. Namun, Soe Hok Gie juga seorang yang sensitif dan romantis.

Melalui film Gie, penonton dapat menyaksikan perjalanan Soe Hok Gie yang penuh peristiwa politik, persahabatan, dan asmara. Tetapi, perjuangannya menuntut keadilan dan kebenaran harus dibayar mahal.

Idealisme Soe Hok Gie yang tanpa kompromi membuat orang-orang dekatnya menjauh. Teman-teman terbaiknya meninggalkannya. Wanita yang ia cintai menolaknya. Hanya alam tempat Gie dapat menemukan kedamaian dan di situ pula ia menghembuskan nafas terakhir.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement